Skip to main content

Dongeng Hantu Pengantar Tidur


Sewaktu masih kecil biasanya seorang anak di dongengkan ortunya sebelum tidur. Kalau saya biasanya di dongengkan kisah2 hantu. Kemungkinan supaya saya takut dan cepat tidur, hihi. Tapi alhamdulillah saya tumbuh tidak menjadi anak penakut, penakut juga sih tapi masih dalam tahap wajar.

Sebagian orang mungkin beranggapan hantu itu tidak ada dan sebagiannya lagi berpendapat sebaliknya. Namun semua orang muslim percaya Iblis/Setan/Jin itu ada. Kalau saya pribadi menganggap Hantu itu nama lain dari Iblis, Setan, maupun Jin.

Berikut beberapa nama2 hantu yang di dongengkan ke saya semasa kecil, sebagiannya dongeng dan sebagiannya lagi nyata.

1. Hantu Hujan.
Dongengnya adalah hantu ini mengeluarkan suara2 di sela2 hujan lebat. Sejak kecil sampai sekarang, entah tersugesti dengan kalimat itu atau kenapa setiap hujan lebat saya memang mendengarkan atau memang ada terdengar suara2 menggumul2 (seperti suara orang yang dalam mulutnya penuh terisi air tapi sambil berbicara), alias tidak jelas, tidak sampai berisik, tidak berbahaya dan tidak menakutkan.

Kemungkinan dongeng ini untuk menakuti anak2 agar tidak main hujan2an.

2. Hantu Inni Garasi.
Inni Garasi dapat diartikan Nenek Garasi, saya tidak tau apa yang dimaksud Garasi, apakah Garasi halaman rumah. Namun kalau Garas tanpa (i) dapat diartikan Kasar, yaitu Nenek Kasar.

Sesuai namanya Nenek Kasar, konon katanya dia akan merayu anak2 untuk dicari kutu2 rambutnya, namun alih2 mencari kutu dia justru mengorek2 kepala si anak hingga berlubang sampai ke otak dengan sundip yaitu semacam bambu tipis yang ujungnya lancip yang biasa digunakan masyarakat pada umumnya untuk menindas kutu dimasa itu. Setelah berhasil mencongkel isi kepala si anak lalu dia memakannya. (Nyam2)

Tidak jelas apakah Nenek ini termasuk hantu ataukah manusia kanibal namun dongengnya dia bertempat tinggal di bulan. Ketika bulan purnama ibu biasanya menunjukkan Inni Garasi yang sedang bungkuk di bulan. Yup semasa kecil saya memang melihat itu seperti ada seseorang yang sedang bungkuk di dalam bulan.

Namun sepertinya ini hanya trik untuk menakuti anak2, sebab dimasa itu ketika bulan purnama anak2 di desa pada rame bermain2 di halaman, ada yang jatuh, adah yang berantem, intinya para orang tua mungkin kualahan menjaga anak2 mereka sehingga mungkin dibuatlah trik semacam itu.

3. Hantu Billaw.
Mitosnya, hantu ini memiliki kemampuan menyerupai manusia namun memiliki perbedaan fisik dibagian tumit berada di depan dan ujung2 jari kaki dibelakang, semacam kebalikan dari kaki manusia normal. Biasanya sering ditemukan di kerumunan seperti pasar ikut serta berbelanja diantara manusia, setidaknya ini menurut cerita dari orang2 disekitar saya daerah Kal-Tim.

Berbeda dengan di Kal-Teng (Sampit), Dengan ciri2 tersebut kalau tidak salah mereka menyebutnya Orang Bunian.

Saya juga pernah mendengar di TV, hantu sejenis ini ada juga di daerah Jawa, bedanya yang di Jawa hantunya memiliki pasar sendiri dan manusia sakti pernah berbelanja di pasar hantu tersebut untuk membeli benda pusaka. Tapi saya lupa nama hantu ini kalau di Jawa disebut apa.

Hantu Billaw ini memang lebih berani menampakkan diri pada manusia dan tujuannya untuk menyesatkan manusia dalam arti sebenarnya. Misal dia ingin menyesatkan saya, maka dia akan berubah menjadi wanita cantik lalu saya di ajak ketempat2 indah, jika saya ikut saya akan terus di bawa berjalan2 hingga dia tiba2 menghilang dan tempat indah tersebut berubah menjadi antah berantah (hutan), kita akan di tinggalkan disana sendirian.

Entah apakah ini ulah hantu Billaw juga atau bukan, ada juga yang dibawa ke negerinya (sebut saja alam ghaib) lalu dinikahinya secara paksa disana dan korban tak kan pernah kembali lagi ke alam manusia atau dianggap meninggal.

Dalam kasus lain, dia juga bisa menyesatkan anak kecil dengan mengiming2i permen misalnya agar si anak kecil ikut dengannya, entah tujuan untuk dijadikan anak mungkin atau juga sekedar untuk disesatkan di hutan.

Cara menyelamatkan orang yang disesatkan oleh Hantu Billaw ini caranya mirip kisah Sangkuriang yaitu memukul2kan alu ke lesung, memukul2 tampi serta talam, yang dibantu Dukun atau juga Ustad.

Dalam perkembangannya Hantu Billaw ini memiliki julukan lain yaitu Billaw Ijjau (ijjau = hijau) dan ada juga yang menyebut Hantu Blawu, blawu/blau asal kata dari blue (blue = biru), blue merupakan sejenis wantex yang biasa digunakan untuk mewarnai pakain menjadi biru. Penamaan Hantu Blawu ini di identikkan dengan warna tubuh Si Hantu dengan pewarna pakaian bermerek Blue. Kata Blue berubah menjadi Blawu/Blau, sepertinya faktor dari kesalahan pengucapan.

Melihat dari ciri warna Hantu tersebut yang entah berwarna hijau atau biru dapat juga mungkin ini dikaitkan dengan Hantu Kolor Ijo atau Buto Ijo. Tapi saya kurang tau bagaimana ciri Hantu Kolor Ijo dan Buto Ijo serta caranya menakuti manusia seperti apa, apakah sama dengan Hantu Billaw?.

Hulk juga berwarna hijau dan mengenakan kolor. Kira2 apakah Hulk terinspirasi dari Hantu Kolor Ijo?.

Saya pernah bertemu Hantu Billaw ini saat usia sekitar 13 tahun, malam hari sekitar habis magrib, dia berada diantara rumput ilalang dekat pohon mangga besar, tapi karena gelap saya tidak terpikir untuk melihat tumitnya, lagipula dia menyerupai seorang anak2 yang saya kenal jadi tak mencurigainya sedikitpun bahwa dia hantu, saya bisa mengenalinya dalam gelap karena ada sedikit cahaya dari sela2 ventilasi rumah warga, jadi saya dekati bermaksud bertanya: "Ngapaen kamu disini, gelap2an disini?" Begitu sudah dekat dan belum sempat bertanya dia langsung menghilang. Bulu kuduk saya waktu itu langsung merinding beruntung setelah itu muncul warga dari dalam rumah bertanya ke saya: "Ngapaen kamu disini, gelap2an disini?", saya jawab saja kalau tadi baru saja melihat seseorang yang tiba2 menghilang, terus dia orang itu menjawab "Oh paling billaw itu."

Tapi saya tidak melihat keindahan apapun disana sebagaimana yang saya tuliskan diatas bahwa hantu ini bisa menyerupai seseorang dan mampu menipu penglihatan, misalnya mengubah hutan terlihat seperti taman, yang saya lihat malam itu hanya remang2 dan ilalang.

4. Hantu Kuyang.
Kuyang menurut kisah merupakan manusia biasa yang berilmu hitam. Dia bisa mengeluarkan isi tubuhnya. Setelah itu dia bisa terbang hanya dengan kepala dan seluruh isi tubuhnya saja semantara badannya tertinggal layaknya cangkang kosong.

Dari kejauhan saat dia terbang tampak terang, tidak jelas terang seperti apa, apakah seperti api meteor atau seperti cahaya kunang2. Namun katanya yang terang itu keringatnya.

Katanya cangkang tubuhnya yang tertinggal tersebut jika di beri perasan jeruk maka organnya tadi tidak bisa kembali alias tewas.

Katanya juga, saat Kuyang ini terbang dan ada orang yang memecahkan buah pala (rempah) tepat dibawahnya maka dia akan jatuh tak bisa terbang lagi dan bisa ditangkap lalu ditanyai dimana dia menyembunyikan tubuhnya.

Kuyang tugasnya mengganggu orang yang akan melahirkan, sebagaimana vampir sepertinya dia juga menyukai darah orang melahirkan. Di perkirakan Kuyang ini dapat menyebabkan seseorang keguguran atau juga kesulitan melahirkan.

Jaman dulu orang2 sebelum melahirkan biasanya menaruh sapu lidi, jeruk nipis dan bawah putih di dekat mereka dan juga menyalakan api disekitar rumah, semacam membuat api unggun atau membakar sampah. Katanya Kuyang ini takut sama semua itu.

Kebetulan saya pernah melihat video Hantu Kuyang ini. Kuyang tersebut berada dalam peti kaca, berambut gondrong acak2an. Semua isi tubuhnya kelihatan, usus, jantung, dll, hanya bagian kepala yang utuh seperti manusia pada umumnya dan hidup meronta2 seperti berusaha kabur namun terhalang peti kaca. Entah apakah itu yang disebut Kuyang saya kurang tau tapi kata teman saya itu Kuyang.

Tidak hanya dalam bentuk video tapi juga life secara nyata sewaktu saya sekitar umur 8 tahun. Saya tidak yakin apakah itu Kuyang atau meteor tapi dari ciri2nya sepertinya itu memang Kuyang. Saya melihat sesuatu terang terbakar penuh api sebesar tubuh manusia seperti Ghost Rider. Turun dari ketinggian kira-kira 300 meter dari permukaan tanah dan jatuh entah di atas atap atau di belakang rumah warga. Dan kebetulan memang waktu itu seseorang di rumah itu sedang hamil.

5. Hantu Pananggalan.
Pananggalan ini dalam bahasa daerah setempat dapat berarti pe-nanggal-an (tanggal), entah maksudnya apa, ataukah dari bahasa Indonesia yang bermaksud menanggalkan (membiarkan tubuhnya begitu saja).

Kemungkinan Hantu Pananggalan ini dapat dikatakan nama lain dari Hantu Kuyang.

Hanya saja Pananggalan ini hobi mencuri buah2an, seperti durian, pisang, rambutan, langsung dari pohonnya bukan dari dapur atau kulkas.

6. Hantu Pajjat.
Hantu Pajjat pun begitu tampaknya nama lain dari Hantu Kuyang.

Pajjat yaitu hantu bermata merah yang suka memakan kotoran manusia terutama ketika orang diare (berak2), dia akan datang memakan kotoran orang tersebut dengan cara menyedotnya dari dubur hingga semua isi perut orang tersebut habis alias bakal tewas.

7. Hantu Air.
Hantu Air, entahlah ini hantu yang seperti apa, saya hanya sering mendengar orang mengatakan Si Anu itu sakitnya kena Hantu Air (hantu dari sungai).

8. Hantu dari Timpusu.
Hantu Timpusu, Sebetulnya ini rumahnya semut berupa gundukan tanah, kadang dihuni ular dan menurut kisah hantu manapun senang tinggal disini.

Saya pernah diajak Kakak berburu dihutan dan menemukan gundukan tanah seperti itu, tak ada bunga atau apapun disana tapi tercium semerbak wangi bunga dan kami tersesat waktu itu, hanya berputar2 disekitar tempat itu saja sampai pagi baru menemukan jalan pulang. Kemungkinan itu ulah Hantu Billaw yang jadi penunggu gundukan tersebut. Itu terakhir kalinya saya ikut berburu, pas diajak Kakak lagi saya tidak mau, hihi.

Demikian Dongeng Hantu Pengantar Tidur sewaktu saya kecil. Hanya merupakan kisah dari mulut kemulut yang sering saya dengar dimasa kecil dan masih ingat sampai sekarang, bukan merupakan kisah dari sumber terpercaya.

Comments

  1. sungguh beruntung mas Jaey tidak mempunyai rasa takut berlebihan, sepupu saya yang dari kecil sering ditakut-takuti soal hantu anak ini malah jadi penakut, kasian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sepupunya terlalu meresapi kisah, kisah hantu apapun kalau diresapi mmg bakal menimbulkan spekulasi, klo sdh berspekulasi ujung2nya diri kita yg menakuti diri kita sendiri.

      Kalau saya waktu diceritalan hantu saya dengerinnya sambil main mobil2an jd gk mempan hihi..

      Delete
    2. sepupu saya sama neneknya dikit dikit "awas ada hantu.. awas.. awas.." jadi ya sepertinya malah meresap ke ubun ubun

      Delete
  2. Kalau hantu kunyang dikalimantan Familiar yee Huuu...Cuma apakah pas lagi PSBB Kunyang disana juga Off Huuu...

    Mohon pencerahannya Huu..🤣🤣🤣🤣😋😋

    ReplyDelete
  3. Kalau hantu kunyang dikalimantan Familiar yee Huuu...Cuma apakah pas lagi PSBB Kunyang disana juga Off Huuu...

    Mohon pencerahannya Huu..🤣🤣🤣🤣😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaliknya kang, beritanya diawal2 corona mreka justru makin menggila. 🤣 banyak bermunculan hantu itu, tapi mgkn tak ada yg berani muncul berlama2, kemungkinan kunyang ini takut sama Polisi 🤣🤣

      Delete
    2. hmm sebenarnya anda orang pintar dukun atau detektif kepolisian hehehe

      Delete
    3. Saya cuma warga biasa mas 🤣

      Delete
  4. Hantu Inni Garasi mengingatkan saya pada dongeng nenek2 kampung semasa kecil. Kami menyebut Gaek Ragasi. Tokoh dongeng yang terkenal kejam. Saat ceritnya sampai pada dia menghisap darah di kepala manusia, saya merinding ketakutan. Mantap, Mas. Cerita seperti ini perlu dihidupkan kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada juga ya mbak, kisah inni garasi disana, menakutkan memang.

      Delete
  5. banyak ya jenis hantu.....tiap daerah punya hantu masing masing kayaknya.

    Hantu air dan hantu hujan paling selalu dengar.... agar anak anak tidak main hujan dan main air.

    Menarik postingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, klo anak2 main hujan dan air kuatir sakit, jadi gitu deh 😆

      Delete
  6. beneran pernah ngelihat hantu waktu kecil ya
    brarti merupakan salah satu saksi mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tapi gk tau juga sih hantu beneran atau saya cuma salah lihat aja 😆

      Delete
  7. dongeng tidur,...heem, biasanya orang tua memang menggunakan hantu untuk membuat anaknya menjadi diam di saat malam hari, apalagi anaknya rewel maka di ceritakanlah hantu dengan berbagai macam bentuk dan rupa, he-he, terlihat gimana gitu, tapi cara ini ampuh untuk mengusir kerewelan seorang anak, apalagi hantu yang di ceritakan berbagai macam seperti artikel di atas, ada kuyang, nek gergasi kalau di tempat kami dan seterusnya

    ReplyDelete
  8. Perasaan kemarin udah sempet komen disini, eits tapi ...kok ngilang.
    Apa si komen digondol hantu kunyang yaa 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi digondol kuyang, Ga ada komen yg hilang mas 😆

      Delete
  9. Banyaaaak yaaa jenis hantunyaa wkwkkjw. Ga mempan tapi kalo aku ceritain ke anak2ku mas. Pada ga takutan... Malah ntr mereka bakal tanya sedetil2nya ttg wujud si hantu, yg bikin pusing mamaknya malaaah 🤣🤣. Aku pernah cerita hantu soalnya. Yg ada kapok, jd ditanyain trus Ama mereka hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sama mbak, anak saya kalo diceritakan hantu malah tanya ini itu, malah aku sendiri nanti yang pusing harus jawab bagaimana.😂

      Delete
  10. Banyak amat ya nama dan jenis-jenis hantunya.. Tapi sepertinya kita sama. Sejak kecil orang tua selalu menceritakan yang seram-seram.. Mungkin benar, biar kita takut lalu tidur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak amat jenis hantunya ya bang ancis, tapi ini bukti kalo Indonesia tidak kalah dengan luar negeri untuk urusan koleksi hantu, malah Indonesia lebih jago.

      Kalo hantu luar paling hanya manusia serigala, vampir, Sadako, dracula, Indonesia ada 10 bahkan lebih.😆

      Delete
    2. Kalau dihitung dari Sabang sampai Merauke, bisa ribuan nama hantunya, hahahaa

      Delete
    3. Ayo mulai dihitung bang ancis haha

      Delete
  11. sepertinya mas Jay sangat pakar terhadap hantu yaak haha 😁😁
    Untuk hantu Air, di Palembang jg cukup familiar. Kami sering menyebutnya dengan hantu banyu. Mungkin krn tempat kami banyak airnya, banyak sungai, jadi banyak hantu jg di sana hahahaaaaa 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pakar, cuma dengar2 dari mulut kemulut aja 😆
      Oh ada juga ya istilah "hantu sungai" di Palembang, kalo disini hantu sungai/air gak menganggu cuma klo ada org demam gak sembuh2 sering dikait2kan kena gangguan hantu itu 🤣

      Delete
  12. Lengkap juga khazanah perhantuan mas Jaey,, yg saya tau paling orang bunian dan yg kepalanya terbang di wilayah Riau disebut palasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, seringkali tiap daerah beda nama walau bentuknya sama 😁

      Delete
  13. Halow.. lagi sibuk di mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi sibuk sama diri sendiri saia bang ahahaa

      Delete

Post a Comment