Skip to main content

Trik Agar Tidak Takut Pocong

Cerpen dan Trik Agar Tidak Takut Pocong

Setau saya, pocong adalah seseorang yang telah meninggal dunia dan biasanya sebelum dikebumikan jasadnya dibungkus kain putih polos dan hanya menyisakan bagian wajah yang tidak ikut ditutup kain namun sebagai gantinya ditutupi kapas, sedangkan kain berlebih dibagian atas kepala dan ujung kaki akan diikat, apakah ikatan dikedua ujung itu yang disebut pocong ataukah keseluruhan jasad yang terbungkus kain tersebut. Mohon koreksi bila salah soalnya saya belum pernah melihatnya secara langsung.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita sering mendengar kisah ada orang mengaku pernah melihat pocong berkeliaran layaknya manusia hidup yang kemudian itu disebut hantu pocong dan sebagian besar masyarakat biasanya merasa takut kalau sampai melihat itu.

Sedikit bercerita tentang masa kecil saya sampai sekarang ini. Kesimpulan dari cerpen ini yang mungkin bisa menjadi triknya.

Dulu semasa SD saya takut banget sama orang meninggal dunia, saking takutnya meskipun hanya mendengar kabarnya saja _bahwa orang2 yang saya kenal meninggal dunia_ saya langsung takut setengah mati, dalam hayalan saya orang yang meninggal tersebut akan mendatangi saya dalam wujud pocong, alhasil saya tidur di tengah2 antara Ayah dan Ibu, tapi walau sudah di apit ortu namun tetap saja masih takut bahkan saya tidurnya tidak berani bergerak karena kalau bergerak takutnya pocong itu tau dimana saya berada, hihi, jadi tidak bergerak samasekali sampai pagi dan berkeringat karena selain tidak bergerak juga bersembunyi dalam sarung dengan posisi seperti udang yaitu lutut nyampe kedagu.

Apesnya, sudah penakut saya malah dimasukkan kedalam kelompok anak2 untuk membacakan Al-Quran disetiap rumah orang meninggal, tapi karena masih kecil terpaksa menurut saja karena kalau menolak takut dimarahi. Kebayang kan tuh bagaimana rasanya ketika hal yang kita takuti justru kita dekati, tapi ya begitulah gambaran orang dewasa mereka lebih menakutkan daripada pocong, hihi, tapi ada hikmahnya juga rasa takut saya jadi berkurang.

Berlanjut ke usia SMP, kebetulan waktu itu ada tetangga meninggal, dalam pikiran saya waduh hantunya dekat nih disamping rumah, jendela saya kunci rapat2, Al-Qur'an yang biasanya cuma nongkrong diatas lemari saya ambil buat teman tidur, haha.. iya kata orang hantu takut dengan Al-Quran.

Dimasa SMP ini, kisah seperti masa SD terjadi lagi, kali ini guru kami yang memaksa kami melayat salah satu ibu dari teman sekelas kami, selanjutnya masa SMA, lagi2 guru kami menyuruh kami buat melayat salah satu teman sekelas yang meninggal. Untungnya setelah itu saya tidak melanjutkan untuk kuliah, jadi tak ada yang menyuruh melayat lagi. Hihi, Merdeka!

Pas sekarang ini saya auto berubah, tidak begitu takut lagi ketika mendengar kabar ada orang meninggal. Selidik punya selidik kedalam diri mengapa saya tidak jadi penakut lagi mungkin penyebabnya adalah karena selain semakin tua juga tanpa sengaja saya telah melawan rasa takut sejak muda yaitu sejak SD, SMP, SMA, terlebih beberapa hal yang sering saya alami berikut juga sepertinya turut membantu meminimalisir rasa takut.

1. Di FB, entah trends atau apa tiap malam jumat waktu itu banyak orang yang share gambar pocong, ada yang momen lucu ada juga yang asli nyeremin.

2. Diacara lawakan salah satu TV, sering mempercandakan pocong dan kuntilanak, kebetulan saya menyukai acara ini.

Jadi menjadi terbiasa melihat itu semua dan ide untuk menulis ini ketika kemarin saya menonton di FB semacam video prank pocong, boro2 takut saya malah cengar-cengir, dari itu awal saya menyadari kalau diri saya bukan penakut lagi dan bisa dibilang tanpa sengaja telah berhasil melawan rasa takut. Tapi mungkin terlalu dini mengatakan itu, secara saya sadar itu bukan pocong beneran menjadi wajar kalau tidak takut tapi bagaimana jika melihat pocong asli sendirian? Hihi hanya Tuhan yang tahu.

Comments

  1. Sebenarnya gampang kang kalau ngga mau takut sama pocong atau makhluk halus lainnya, caranya jangan percaya kalau mereka itu ada dijamin ngga bakalan jadi takut, kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sih, tapi enzim dalam tubuh gak bisa diajak kompromi mas, meskipun kita tidak mempercayainya tapi kalau enzim ini medeteksi sesuatu otomatis otak akan merespon dan memicu ketakutan. Dr. Jaey, pakar enzim, becanda 🤣🙏

      Delete
    2. Waduh.. Bahasanya berat banget, kang. Saya ngga paham. Bisa di ringani dikit ngga, kang? Hihihi

      Delete
    3. Ya intinya sulit buat menghilangkan rasa takut, karena rasa takut itu otomatis ada didalam tubuh. Sekalipun tidak percaya tetap akan takut.

      Misal tiba2 muncul rasa takut tanpa sebab, karena tanpa sebab akhirnya mencari alasan, karena tak menemukan sesuatu sebagai alasan akhirnya pocong dikambing hitamkan dijadikan sebagai alasan, udah ringan blm ini? hihi

      Delete
    4. Waduh masih berat juga, bisa diringankan lagi ngga Dr. Jaey? 😂

      Delete
  2. Berdoa saja jangan sampai mereka menampakkan diri kang *pengalaman tinggal dekat kuburan 6 tahun*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow sering melihat pocong hidup ya mbak dikuburan?

      Sungkem guru 🙏

      Delete
    2. waduh, pengalaman yang mengerikan mba Annisa, 6 tahun di kuburan, mantap

      Delete
  3. Syukurlah Mas Jaey tidak takut lagi.. Saya baca tulisan ini dan berkomentar saat di kamar kecil.. Awalnya takut eh ternyata isinya tidak seperti yg saya takutkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm hmm (ngendus) bau apa ini ya? 😆😆

      Delete
    2. Bau minyak ikan Paus Mas Jaey...

      Delete
  4. Tetep kaget kalau ngelihat hantu...
    palagi pocong..
    amit amit...

    moga2 gak pernah ketemu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, logikanya sesuatu yg muncul tiba2 pasti ngagetin, terlebih penampakannya berwujud asing.

      Amin

      Delete
    2. kalau penampakan alien pasti lebih mengejutkan nih mas, he-he

      Delete
    3. Tentunya mas, alien sama menyeramkannya dgn pocong 😆

      Delete
  5. pocong sekarang banyak yang teraniaya ya mas di youtube, ada yang di pukul helem kepalanya dan ada yang di lempari sepatu, dll, kasihan liatnya, he-he, nonton film hantu memang membuat lebih berani untuk menghadapi rasa takut, dan itu terbukti banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ulah mereka juga ngprank jadi gitu deh 😆
      Ya betul itu mas film juga bisa bikin jd pemberani.

      Delete
  6. Hampir sama sih, waktu kecil aku juga takut pocong, kalo dengar ada orang ninggal saja hati udah ketakutan hahaha.

    Cuma untung nya waktu kecil aku ngga disuruh tahlilan, mungkin karena dianggap masih anak kecil.

    Kalo sekarang sih udah ngga terlalu takut pocong, lebih takut sama tukang kredit yang datang tiap bulan.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tahlilan bagian org dewasa dan ngaji bagian ank kcil dan dewasa.

      Selalu ada yg lbh nyeremin dari pocong 😆😆

      Delete
  7. kang, nampaknya hantu pocong hanya ada di Indonesia dan Malaysia yaak.
    Apakah di Arab sana ada hantu pocong jg yak? hiiiihi
    sebab saya belum pernah dengar ada hantu pocong bergentayangan di sana wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia saya juga blm pernah dengar mas, padahal pasti sama kan tetap dikafani alias dipocongi 😆😆

      Delete
  8. Walah, kalau ada tetangga meninggal, hantunya ya mestinya berada di dekat keluarganya, lah. Kan itu kesempatan terakhir mereka. Masa malah jalan-jalan menghantui orang lain. Nggak perlu takut, lah. Tapi kalau dari kecil selalu ditakut-takuti pocong, mungkin emang jadinya takut terus ya. Untungnya semakin dewasa orang semakin logis ya, jadi lebih nggak takut lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana tau hantu sama keluarganya ato bukan mbak, hihi.

      Iya btul sejak kecil ditakut2i dan beruntung pas dewasa bisa logis, tapi banyak juga wlw sdh dewasa tp tetap penakut 😆

      Delete
  9. Tetangga sebelah rumah ada yang meninggal. "Waduh hantunya dekat, nih" Astagaaaa hahahahaha pikirannya adalah mendiang tetangganya jadi hantu, dong :D :D padahal sebaiknya didoakan agar kembali kepada Tuhan bukannya menjadi hantu kan :)

    ReplyDelete

Post a Comment