Skip to main content

Beneran gak sih ada yang bisa melihat Kuntilanak dan Tuyul?

Beneran gak sih ada yang bisa melihat Kuntilanak dan Tuyul?

Menarik nih, ada dua orang antropolog luar negeri meneliti Kuntilanak dan Tuyul.

Kedua antropolog tersebut adalah Timo Duile asal Jerman, menelusuri sejarah tentang Kuntilanak di Indonesia dan Clifford Geertz asal Amerika Serikat (AS), membuat catatan penelitian mengenai Tuyul.

Mereka mencoba mengungkap kedua mahluk mitos tersebut dengan pendekatan budaya.

Penelitian Kuntilanak oleh Timo Duile, antropolog Jerman


Menurut detik.com, Penelitian yang digunakan Timo adalah pendekatan objek seputar manusia dan roh, terutama dalam sudut pandang masyarakat di Pontianak, Kalimantan Barat.

Orang-orang di Pontianak mengklaim kotanya didirikan dengan menggusur kuntilanak yang mendiami pertemuan antara sungai Kapuas dan Landak sebelum Kota Pontianak dibangun.

Daerah itu dulunya masih rawa-rawa dan hutan lebat. Konon katanya nama 'Pontianak' berasal dari bahasa Melayu po(ho)n ti(nggi), yang berarti 'pohon tinggi'. Oleh karena itu kuntilanak sering dihubungkan-hubungkan dengan pohon tinggi.

Timo juga menuturkan, bahwa kuntilanak tidak hanya dikenal sebagai ikon budaya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, serta bagian selatan Filipina dan Thailand.

Namun sayangnya, penelitian tersebut bukan bertujuan untuk membuktikan keberadaan fisik kuntilanak, melainkan tentang kepercayaan masyarakat terhadap kuntilanak.

Penelitian Tuyul oleh Clifford Geertz, antropolog Amerika Serikat (AS)


Menurut detik.com, Geerz berpendapat bahwa sebagian masyarakat Jawa memiliki kepercayaan terhadap makhluk halus. Tempat yang ia teliti adalah Mojokuto (sebuah tempat zaman dulu di wilayah Jawa Timur).

Dalam beberapa kepercayaan yang ia dengar, Geertz kemudian menyebutkan ada tiga jenis makhluk halus yang utama yakni memedi (secara harfiah berarti tukang menakut-nakuti), lelembut (makhluk halus) dan tuyul.

Untuk tuyul, ia mendefinisikan sebagai makhluk halus anak-anak (anak-anak yang bukan manusia). Mereka tidak mengganggu, menakuti orang atau membuatnya sakit.

"Sebaliknya, mereka sangat disenangi manusia, karena membantu manusia menjadi kaya," kata Geertz.

Geerz juga melakukan wawancara dengan beberapa narasumber di Mojokuto. Salah satu narasumber mengatakan bahwa orang yang ingin berhubungan dengan tuyul harus berpuasa serta bersemadi.

Saat itu, banyak orang Mojokuto beranggapan bahwa seseorang perlu membuat semacam perjanjian dengan setan, supaya tuyul mau menerima tawarannya.

Apabila kesepakatan tercapai, orang itu akan bisa melihat tuyul dan untuk selanjutnya, bisa mempekerjakan mereka buat kepentingannya sendiri. Tidak hanya uang, ada banyak anggapan bahwa tuyul juga mencuri padi di desa-desa.

Namun sayangnya dalam bukunya, Geertz menekankan bahwa ia tidak membahas apakah tuyul itu nyata atau rekaan.

Jadi, sesuai judul postingan ini saya penasaran banget, Adakah orang yang pernah melihat Kuntilanak dan Tuyul?


Dari dua penelitian diatas, baik oleh Timo maupun Geertz, tampaknya mereka tidak tertarik untuk membuktikan apakah Kuntilanak dan Tuyul itu bisa dilihat.

Sebetulnya, selain Timo dan Geertz, saya juga peneliti mahluk halus lho guys, metode yang saya gunakan yaitu dengan menonton telivisi, dulu banyak acara-acara tv lokal yang membahas hal itu dengan berkolaborasi bersama puluhan paranormal papan atas sebagai narasumbernya, dan semua paranormal sepakat dapat melihat mahluk halus.

Diantara semua acara tv itu ada satu yang membuat saya lebih terkesan dan masih saya ingat yaitu ketika seorang wanita barat menantang paranormal untuk membuat dirinya dapat melihat mahluk halus, sang paranormal kemudian membuka mata batin wanita tersebut namun wanita tersebut mengaku tetap tidak dapat melihat mahluk halus, sang paranormal kembali mengulang mencoba membuka mata batin wanita tersebut namun tetap gagal, wanita tersebut tetap tidak bisa melihat mahluk halus dan akhirnya paranormal tersebut tampak seperti menyerah dan beralasan ini dan itu, padahal bisa dibilang itu kumpulan paranormal terpopuler di Indonesia lho guys tapi mereka gagal membuktikannya.

Meski begitu, meski tau paranormal tidak dapat membuktikannya secara live di tv, tapi jika ditanya apakah saya berani melihat mahluk halus? Jawaban saya tetap tidak berani guys karena jangankan untuk melihatnya, mendengar namanya saja, misalnya Kunti atau Tuyul, saya langsung merinding takut, ini yang membuat saya tidak habis pikir, mengapa saya masih takut padahal mereka sudah jelas-jelas tidak dapat dilihat.

Tidak hanya meneliti paranormal, tapi saya juga meneliti penjelasan dari para pemuka agama lho guys, diantara salah seorang pemuka agama, ada satu penjelasan yang membuat saya ekstra terkesan, kurang lebih begini kalimatnya:

"Mahluk halus itu jelas-jelas tidak bisa dilihat dan bohong besar kalau ada yang mengaku bisa melihatnya." Katanya (saya lupa nama Ustadnya).

Saya rasa tidak begitu juga sih, soalnya ketika Nabi Sulaiman membangun Masjid termegah di dunia, yang membantu beliau membangun masjid itu adalah Jin dan Manusia. Demikian juga Nabi Adam, yang dibujuk iblis untuk memakan buah Khuldi.

Tapi kan itu Nabi? ya mereka Nabi.
By the way saya tidak tahu Apakah Nabi Sulaiman dan Nabi Adam dapat melihat mahluk halus ataukah sekedar berkomunikasi lewat suara saja, jika Nabi dapat melihatnya, maka dengan begitu berarti ada dong manusia yang bisa melihat mahluk halus.

Tapi kan itu Nabi? Baik, kita fokus ke membahas manusia biasa saja, manusia selain Nabi, pertanyaanya kita ubah, Adakah kalangan manusia biasa yang pernah melihat Kuntilanak dan Tuyul?

Saya agak kesulitan mengarahkan tulisan ini kemana, masalahnya saya tipe orang yang memposisikan diri di tengah, ketika misalnya saya bertanya seperti itu lalu misalnya ada yang menjawabnya begini: "Ada, mau bukti lu?" Otomatis saya tidak berani, karena dalam pikiran saya: gimana kalau misalnya saya benar-benar bisa melihat mahluk halus, mungkin saya pingsan, meskipun sederetan kisah diatas sudah jelas-jelas mengindikasikan bahwa belum ada yang berhasil membuktikan atau memperlihatkan Kuntilanak dan Tuyul tapi saya tetap tidak berani.

Ketakutan ini juga muncul karena cerita Roy Kiyosi, yang menceritakan betapa tidak enaknya dapat melihat mahluk halus tak kasat mata, mau beol, mau pipis, ketika mandi, ada mahluk halus yang melihat, risih jadinya. 

Bagaimana dengan agan pembaca, Apakah pernah melihat Kuntilanak dan Tuyul? Jika belum, Apakah agan mau melihat Kuntilanak dan Tuyul? Di desa saya ada lelucon cara melihat Tuyul, caranya silakan agan pelorotin semua celana agan lalu agan menungging dan lihat kebawah, ada tuh tuyul gelantungan, hihi..

Selain soal mahluk halus Kuntilanak dan Tuyul, mumpung lagi membahas ini, saya juga ingin mengaitkan sedikit dengan Santet, biarin dah postingan ini menjadi berisi random alias gado-gado, soal Santet.. Pesulap Merah menantang seluruh dukun untuk menyantet dirinya, Pesulap Merah mengatakan:

"Mana nih, sejak 2016 saya meminta pembuktian untuk menyantet saya, tapi sampai 2023, enam tahun, enam tahun lho (ulangnya lagi), dan saya masih baik-baik saja." Katanya.

Kesimpulannya, dari omongan Pesulap Merah tersebut, dan juga kumpulan Paranormal yang pernah saya tonton live di TV, sepertinya semuanya membuktikan bahwa mahluk halus dan santet itu belum dapat di buktikan atau belum terbukti.

Namun sekali lagi, meski begitu saya tetap takut, bagaimana dengan agan apakah takut juga, cemen luh, haha..

Ya gimana ya, persamaannya itu seperti berada di dekat Singa atau Macan yang jinak, meski jelas-jelas melihatnya jinak, dan ada yang berani mengelusnya, tapi saya pribadi tidak berani mengelusnya, bahkan mengelus Amanda juga saya tidak berani, apa hubungannya sama Amanda? hihi...

Comments

  1. kalau secara ilmiah, ya, belum bisa dibuktikan.....

    Tapi, kalau secara "visual" banyak yang pernah melihatnya, termasuk saya..... sudah saya tulis, pernah melihat orang berjalan tanpa kaki....(di posting pengalaman waktu kecil....).....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu, berarti cerita2 dari paranormal itu bukan mengada-ada ya Pak? Mereka benar2 sering melihatnya.

      Btw, pas Bapak bilang itu aku baru ingat (Duh kok bisa aku lupa), ternyata sewaktu remaja aku juga pernah melihat hantu Pak, bedanya dia menyerupai seseorang yg kukenal (tak menakutkan), pas ku sapa seketika dia menghilang dari hadapanku Pak.

      Delete
    2. ya, anak anak dan sampai remaja memang sering sperti itu..... katanya sih, karena mereka masih "polos" belum punya dosa....

      # anak kami, ketika saya dan dia duduk di depan rumah, tiba tiba dia ngomong ke saya:"tadi, siapa yang lewat di depan kita?".......

      Padahal, saya TIDAK melihat orang melintas di depan kami....

      Delete
    3. Iya Pak, saya juga pernah mendengar begitu, anak2 masih polos dan belum berdosa, juga terkadang dikaitkan dgn sakit demam atau penyakit kejang.

      Kalau di film2 barat menyebut itu halusinasi, di satu sisi saya agak setuju sama orang barat, bahwa jangan2 kita memang sedang berhalusinasi, tapi juga bertanya2 apa pemicu halusinasinya, jika seorang jungkies jelas pemicunya bahan kimia, kalau kita apa? Kita melihatnya dalam keadaan sadar dan kondisi sehat.

      Belum ada titik temu antara pandangan paranormal dan pemuka agama, yang pasti setan memang ada.

      Hmm.. tapi saya masih penasaran Pak, darimana mereka tau kalau Kuntilanak itu pakai daster dan Tuyul pakai cancut. Apakah kuntilanak dan Tuyul selalu memakai itu sehingga setiap siapa yang melihatnya mendeskripsikannya begitu ataukah mereka cuma ikut2an mendeskripsikan seperti itu.

      Sejujurnya aku takut bilang begitu, hihi.. bisa dianggap sombong, kalau sombong biasanya akan diperlihatkan, iihhh ogah amit2 gamau melihat Kunti sama Tuyul.. 🀣🀣

      Ya, jika memang yg kita lihat itu termasuk jenis mahluk tak kasat mata, maka terjawab sudah, berarti mahluk tak kasat mata dapat dilihat manusia biasa meski hanya sekilas. πŸ˜…

      Delete
    4. ada tuyul yang telanjang bogel, kata yang pernah melihat....
      # Makanya TIDAK bisa dibuktikan secara ilmiah, inti dari konsep ilmiah itu ya, bisa diulang diantaranya.... bisa dilihat semua orang

      Delete
    5. Oh ada yg bogel juga, tdk selalu pake cancut, sebagian besar rasa penasaranku sdh terjawab, thank you Pak..

      Delete
  2. terjadi sama ponakanku juga , umur 3 tahun waktu mandi di kamar mandi ngomong sendiri, pas ditanyain katanya lagi ngomong sama orang ni sambil nunjuk padahal mak nya gak lihat, serem gak tuh wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seram tentunya mas, harus cepat di bacakan ayat kursi tuh hehe, btw jangan2 ponakannya punya bakat indigo mas..

      Delete
    2. Iya pak, anak anak ga mgkn bohong πŸ‘

      Delete
  3. Yang jadi masalahnya kuntilanak dan tuyul itu wujudnya seperti apa?

    Saya orang yang sering banget melihat makhluk halus dengan berbagai macam wujud, dari yang masih kecil sampai yang sudah dewasa tapi ngga tau tuh yang namanya kuntilanak atau tuyul soalnya wujudnya saya ngga tau. Pernah lihat makhluk halus pakai kebaya rambutnya panjang melewati bahu, wajahnya menurut saya cantik tapi saya ngga tau dia itu kuntilanak atau bukan belum sempat nanya sayanya..hihihi dan pernah lihat anak kecil botak lagi main gundu di halaman rumah orang wujudnya sama kayak anak kecil pada umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg sering di deskripsikan paranormal di tv, sepertinya wujudnya persis seperti yg ada di film2 itu mas, untuk Kunti rambut panjang dan pake daster putih, sedangkan Tuyul hanya disebut kecil saja dan botak.

      Buset dah, diam2 suhu bisa melihat mahluk halus juga rupanya, mantap hihi..

      Kalo pake kebaya itu kemungkinan Nyi Roro kidul mas, atau Nyai Nyai lainnya, atau bisa jadi jangan2 itulah Kunti..

      Klo anak kecil yg main gundu itu, sesuai deskrpsi pada umumnya, kemungkinan 90% itu adalah Tuyul, dicoba aja mas di panggil suruh nyolong, kalau dia berhasil berarti dia Tuyul, tapi kata orang mas harus menyusui dia 🀣

      Kalau hantu pocong pernah lihat juga gak mas?

      Kupikir tak ada yg pernah melihat mahluk halus, ternyata dari 3 komen diatas rata2 pernah melihatnya 🀦‍♂️🀦‍♂️

      Delete
    2. Kalau yang wujudnya perempuan pakai daster putih terus rambutnya panjang sering saya lihat, di tempat kerja saya ada tuh yang seperti itu malah pernah waktu tertidur di tempat kerja beberapa kali dibanguni sama dia..wkwkwk

      Kalau Nyi Roro Kidul kayaknya ngga mungkin soalnya saya lihatnya di daerah saya tapi mungkin juga sih kali aja Nyi Roro Kidulnya lagi traveling ke Jakarta.. wkwkwk

      Dipanggil suruh nyolong..wkwkwk.. mendingan suruh nebak nomor togel jadi ngga perlu nyusuin . wkwkwk

      Kalau pocong bukan cuma pernah lihat malah pernah tidur bareng sama pocong waktu nginap di rumah saudara pas terbangun tengah malam ada dia di samping saya.. wkwkwk..lalu saya bilang ngapain luh tidur di sini, sana cari tempat lain kalau mau tidur nyempit-nyempit aja luh dan dia langsung ngilang. Pocong sakti rupanya dia.. wkwkwk

      Lha teman saya bukan cuma bisa lihat makhluk halus tapi juga bisa memanggilnya, Kang.

      Delete
    3. Nah cocok sdh 90% itu Kunti, gimana wajahnya mas apakah biasa saja atau rusak, terus rambutnya berkilau atau kusut, aromanya ada gak mas? Serius nanya ini 🀣

      Cara dia membangunkan gimana mas, ujung rambutnya di anukan ke hidung Masher kah sampai bersin? πŸ˜…

      Aku lupa Nyi Roro dan Nyai Ronggeng bukan pake kebaya, tapi cenderung pakai kemben, tapi bisa dilihat dari motif kebayanya sih, tiap daerah motifnya beda2 bisa ketahuan tuh asalnya dari mana hihi..

      Klo soal traveling tentunya bisa banget, mereka kan bisa "cling" lalu muncul dimana saja πŸ˜…πŸ˜…

      Kayaknya begitu menyuruh Tuyul, meski cuma disuruh nebak Togel tetap harus ngasi tumbal kayanya mas, tumbal berupa susu, mgkn barangkali bisa nego dikasi susu kaleng πŸ˜…

      Wih seram banget itu mas tidur sama pocong, kostum pocongnya gimana mas sama ngga sama pocong org yg meninggal, terus wajahnya tetap pakai kapas kah? Kok masher berani sih ngomong sama pocong, gak pingsan? Btw nyempit2in berarti fisik dia bersentuhan ya, pocong sakti sekaligus penurut kayaknya, soalnya dia mau pergi pas diusir.

      Nah ini soal memanggil mahluk halus, jangan2 seperti paranormal di TV itu mas, berhasilnya hanya pada warga pribumi saja, tapi gagal ketika memanggilkannya untuk orang barat.

      Delete
    4. Wajah dan rambutnya biasa aja kayak manusia pada umumnya dan ada sedikit tercium aroma wangi seperti aroma vanilla. Ketika dibangunkan saya seperti ditepuk-tepuk di bagian tangan atau badan.

      Iya juga sih kan makhluk halus tak terbentur ruang dan waktu, kapan dan di mana aja dia bisa muncul.

      Kalau ngga mau dikasih susu kalengan tuker sama susu kartonan.. wkwkwk atau tuker sama bajigur.. wkwkwk..manja banget tuh tuyul pakai minta susu.. wkwkwk

      Sosok pocongnya kayak mayat yang sudah dikafani cuma bagian mukanya ngga kebuka jadi wajahnya ngga kelihatan mungkin takut diekspos kali ya.. wkwkwk..dan tercium bau aroma kapur barus wkwkwk..pocong yang aneh.. wkwkwk. Kuncinya satu biar berani sama mahkluk halus, jangan anggap dia itu mahkluk halus tapi anggap dia manusia biasa, Kang. Bukan penurut mungkin dia berpikir percuma ditakut-takuti orangnya ngga takut jadi pas disuruh pergi dia langsung pergi.. wkwkwk..cemen banget pocongnya ya.. wkwkwk

      Mungkin paranormalnya ngga bisa bahasa barat makanya gagal kalau disuruh manggil orang barat..wkwkwk

      Delete
    5. Ternyata Kunti seperti manusia biasa ya mas, caranya membangunkan juga lumayan sopan, kukunya panjang ga mas?

      Dan Pocong juga persis dgn mayat, masalahnya saya takut sama mayat, hihi..

      Tapi iya kalau penampakannya seperti itu kemungkinan bisa sih dianggap sebagai manusia biasa, bahkan saya berfikir ingin menepok bokong kunti, haha..

      Kalau yg lebih menyeramkan ada juga ga mas? misal yg tanpa kepala terus darahnya menetes terus, atau yang membawa belatung, atau berbau busuk, atau yg kasar, ada gak? Misal tiba2 kita langsung di tonjok tanpa sebab..

      Di daerahku ada istilah, di sapa oleh setan aja bisa bikin kita sakit, sentuhannya di tubuh kita baik hanya sentuhan terlebih tamparan, itu dapat menyisakan bekas lebam yg tak terlihat di tubuh kita yg bikin kita sakit. Jika benar itu bisa terjadi, kurasa inilah yg perlu ditakutkan dari setan, kalau hanya sebatas buruk rupa tanpa mengganggu mungkin tdk begitu menghawatirkan..

      Oya mas, para ustad juga banyak yg bilang setan mengencingi mata kita, pernah gak mas lihat hantu kencing..

      Agama juga bilang, setan makanannya bangkai dan tulang, pernah gak mas melihat hantu makan tulang atau bangkai?

      Tujuan pertanyaan diatas, saya hanya ingin mengetahui apakah hantu dan jin itu berbeda, ataukah sama.. Selama ini banyak orang yg tdk percaya adanya hantu, hanya percaya adanya setan, jin, dan iblis saja.. Jika mas pernah melihat mahluk tak kasat mata sedang kencing atau makan bangkai maupun tulang, besar kemungkinan hantu dan jin itu adalah mahluk yg sama. πŸ™

      Bukan manggil hantu barat sih mas tapi memperlihatkan hantu ke orang barat. Selama ini kan hantu hanya dapat diperlihatkan pada warga pribumi saja, tapi gagal ketika diperlihatkan ke orang barat, hihi..

      Delete
    6. Entahlah itu kuntilanak atau bukan tapi saya menyebut makhluk manis..hihihi..ngga sempat lihat kukunya karena sibuk lihati wajahnya.. wkwkwk..soalnya sangat jarang bisa melihat wajah makhluk halus, biasanya yang terlihat leher ke bawah kalaupun terlihat full biasanya terlihat dari belakang atau samping atau wajahnya ketutupan misalnya sama rambut.

      Waduh sama mayat takut.. wkwkwk. Berarti belum pernah gotong keranda mayat atau ikut menguburkan mayat atau ikut memandikan jenazah dong?

      Bukan cuma tanpa kepala malah pernah lihat cuma pusar kebawah dengan isi perut yang berantakan. Belum pernah dapati yang berbau busuk atau ada belatungnya rata-rata aromanya wangi tapi belum pernah juga yang dapati yang aroma wangi kembang kenanga.

      Mungkin tergantung orangnya juga, teman saya pernah dihajar makhluk halus entah itu setan atau jin sampai mental hampir dua meter tapi ngga apa-apa. Kalau ngga lihat sendiri, saya ngga percaya kalau manusia bisa dihajar makhluk halus sampai mental. Kejadiannya waktu lagi kemah di salah satu gunung di pulau Jawa.

      Wkwkwk.. makhluk halus lagi kencing.. wkwkwk.. seumur-umur belum pernah lihat makhluk halus lagi kencing kalau makhluk halus jejadian sering saya lihat kencing sembarangan seperti di bawah pohon atau di tembok.. wkwkwk. Dan belum pernah juga lihat yang makan tulang atau bangkai.. wkwkwk.

      Saya juga ngga tau dia itu setan, jin, hantu atau iblis mungkin hanya beda penyebutannya saja tapi yang jelas dia makhluk halus.

      Mungkin orang baratnya tidak percaya dengan adanya makhluk halus makanya ngga berhasil diperlihatkan ke orang barat. Seperti dukun sepakbola kita katanya hebat-hebat tapi kenapa timnas kita belum pernah bermain di putaran final piala dunia?

      Delete
    7. "Mahluk manis dalam lift", hihi..
      Lain kali kalau bertemu kunti yg wajahnya tertutup rambut, coba2 disibak aja mas, selipin rambutnya ke kuping dia, buat melihat wajahnya, wkwk..

      Iya mas takut sama mayat, tapi pernah waktu kecil terjebak melihat mayat yg masih ditutup kain, kepala sekolahku waktu SD meninggal dunia, terus sama guru2 lain kami dipaksa melayat, mau gamau terpaksa ikut melihat.

      Kalau menggotong apalagi memandikan, belum pernah dan semoga tak kan pernah, hihi.. tapi kalau mengantar ke kuburan pernah juga sekali, dan itu juga dijebak teman, itu pengalaman satu2nya dlm hidupku mas berdiri mematung diantara banyak makam, tapi walau begitu aku sempet2in baca2in nama di tiap nisan, hihi.. dan paling sering lihat di berita TV sih, acara live masukin pocong ke liang lahat, kalau lihat di TV berani, dan sering juga lihat video pendek sliweran di internet orang membongkar makam buat dipindahin..

      Dari semua cerita mas diatas, sepertinya Setan dan Jin itu memang berbeda, dan mungkin dapat di klasifikasikan seperti ini:

      Setan dan Iblis sepertinya memiliki kekuatan super, ilmu yg tinggi, cerdas, dan berwawasan luas, mereka bisa ke langit mencuri info (nguping) dari malaikat.

      Sedangkan Jin, sepertinya sama saja dgn manusia, mereka tidak bisa ke langit, tapi bisa kawin, pakai farfum, sholat, beragama, dan punya gelar: Kunti, Tuyul, Buto ijo, dst..

      Menjadi masuk akal jika ada manusia menikah dgn jin.

      Juga masuk akal dimana ada aroma wangi disana ada jin, tebakan saya mereka sebenarnya sedang jalan2 nyari rongdo jadi pakai parfum.

      Bersambung di bawah.. your comment to long, kata Blogger 🀣

      Delete
    8. Lalu jika ada pertanyaan apakah mahluk halus dapat di lihat? Kemungkinan jawabannya ada dua: Dugaan saya untuk jenis malaikat, setan, dan iblis sepertinya tidak bisa dilihat kecuali mereka meminjam raga manusia maupun raga jin atau bisa juga dgn kekuatan super yg mereka miliki bisa membuat raga sendiri semau mereka, sedangkan untuk jenis jin bisa dilihat dgn raga asli mereka.

      Malaikat, setan, dan iblis sepertinya tdk memiliki jasad.
      Manusia dan Jin sepertinya memiliki roh dan jasad.
      Malaikat, setan, dan iblis sepertinya setara dengan roh, sama2 tdk bisa dilihat.
      Jasad manusia dapat terlihat.
      Jasad jin tdk dapat terlihat.

      Mengapa raga jin tdk dapat terlihat seperti halnya raga manusia? Ataukah sebenarnya jin juga tdk memiliki raga, dan hanya memakai raga sisa dari tubuh manusia yang tdk terpakai.

      Mengapa ada sebagian manusia yg mampu melihat jin sementara manusia lainnya tidak? Utk hal ini sepertinya hanya paranormal yg bisa menjawabnya karena paranormal bisa membuka mata batin atau juga temannya Masher itu, yg perlu kita ketahui metode apa yg mereka gunakan, apakah metodenya doa/mantra lalu darimana mereka mendapatkan doa/mantra itu, ataukah otodidak bawaan lahir. Dari situ bisa kita cari tau penyebabnya Mengapa sebagian manusia mampu melihat jin sementara manusia lainnya tidak.

      Apakah hantu itu ada? Penggambaran hantu dan jin disini memiliki banyak kesamaan, jadi besar kemungkinan hantu adalah julukan lain dari jin, sebagaimana manusia julukan lainnya adalah insan.

      Terkait ttg makan bangkai, tulang belulang, kencing, kemungkinan ini hanya ulah setan bukan ulah jin..

      Jadi kesimpulan sementara, yg tergolong mahluk halus atau mahluk tak kasat mata itu bukanlah sebatas jin/iblis/setan saja tapi juga malaikat, roh, dan udara.

      Menjadi rancu jika kita menganggap mahluk halus itu hanya sebatas jin/iblis/setan saja.

      Dan semakin rancu ketika kita menyama ratakan antara jin dan setan serta iblis.

      Dan tambah rancu ketika kita mengagap hantu dan jin itu berbeda.

      Bersambung dibawah..

      Delete
    9. Mas aku mau tanya lagi, pernah gak mas membacakan ayat kursi atau doa pengusir hantu pada hantu itu? Apa reaksi mereka, apakah mereka pergi, terbakar, ataukah malah senang?

      Jika mereka pergi, ada dua kemungkinan jawaban: Bisa jadi jin nya non muslim atau bisa jadi dugaanku salah yg mengatakan jin dan setan itu berbeda.

      Di Al-Quran klo gak salah menyebutkan: Setan itu pergi mendengar ayat suci karena benci. Al-Quran menyebutnya sebagai setan (bukan jin). Kita berasumsi yg mas lihat itu adalah jin, jika jin pergi berarti dugaanku salah yg mengatakan jin dan setan itu berbeda.

      Jika mereka senang kemungkinan jin muslim.

      Soal dukun sepakbola kita hebat2, emang dukun mau ngapaen disana mas? Pas bola di tendang ke gawang di buat belok oleh jin kah seperti film Saolin Soccer. Ataukah seperti pesepak bola dari Dayak semua lawan mainnya dibuat tak bisa begerak dilapangan. Kalau dibuat begitu bisa2 menangis FIFA, hihi..

      Gimana Mas, Pak Tanza, aku sudah bisa jadi seorang antropolog belum? Haha..

      Delete
    10. Iya, nanti kalau ketemu makhluk manis lagi yang wajahnya ketutupan rambut saya sibak rambutnya lalu difoto biar viral..wkwkwk.

      Lalu gimana perasaanya waktu melihat mayat yang masih ditutupi kain, takut kah atau biasa aja?

      Saya punya pengalaman menggotong jenazah yang aneh, waktu itu jenazah diantar ke kubur jalan kaki jaraknya lumayan juga kurang lebih satu setengah kilo meter yang anehnya saya metasakan bukan berjalan tapi seperti berlari dan juga tidak merasakan kalau sedang menggotong keranda.

      Sepengetahuan saya yang saya dapat dari alim ulama, setan itu bisa menampakkan diri dan bisa menyerupai apa saja kecuali satu dia tidak bisa menampakkan diri menyerupai nabi Muhammad SAW.

      Belum pernah sekali pun saya membaca ayat kursi atau Alqur'an untuk mengusirnya soalnya saya jarang sadar kalau yang sedang saya hadapi itu makhluk halus kalaupun sadar paling saya bilang pergi aja ngapain sih nganggu-nganggu saya kayak kurang kerjaan aja.

      Tapi pernah teman saya cerita ada orang yang kemasukan makhluk halus terus dibacakan Alqur'an sama makhluk halusnya diikuti malah lebih lancaran makhluk halusnya daripada dia dan yang membacakan Alqur'an itu diusir suruh panggil yang lebih lancar lagi membaca Alqur'anny.

      Sekedar untuk membuktikan betul ngga dukun sepakbola kita hebat-hebat dan bisa mengantarkan Indonesia jadi juara piala dunia atau minimal jadi peserta putaran final piala dunia atau kehebatannya hanya sebatas lokal saja sama seperti paranormal yang hanya bisa memperlihatkan makhluk halus pada pribumi saja.

      Delete
    11. Iya bisa gak ya di foto, jangan2 tdk kelihatan dalam hasil foto wkwk..

      Iya takut dan gugup, pikiran berspekulasi, berfikir jangan2 jenazahnya bangun nih dan menatap ke kita, hihi..

      "Merasakan bukan berjalan tapi seperti berlari dan juga tidak merasakan kalau sedang menggotong keranda." Keren ini mas, kira2 apakah keanehan ini datangnya dari jenazah ataukah dari diri Masher sendiri. Bisa jadi dari jenazah yg tak ingin merepotkan sehingga dgn pertolongan Allah Masher seperti merasa ringan atau bisa juga datangnya dari diri Masher sendiri yg mgkn tanpa sadar dibantu oleh mahluk yg manis itu, hihi..

      Iya, yg saya dengar juga begitu mas, setan bisa menyerupai apa saja kecuali satu dia tidak bisa menampakkan diri menyerupai nabi Muhammad SAW... Aku lupa sama itu dan thanks udh ingetin lagi πŸ‘πŸ€£

      Berarti meskipun hantunya bisa membaca Al-quran tapi dia tetap merasuk juga ya ketubuh manusia, kupikir hantu muslim baik 🀣

      Kalau bagiku sih mas dukun tak bisa berbuat apa2 untuk Sepakbola sekalipun dia sangat sakti..

      Delete
    12. Wah, ternyata mas Herman bisa melihat makhluk halus ya. Sungkem suhu.πŸ™

      Delete
  4. Naaah ini juga yg aku galau mikirin nya mas 🀣. Aku sendiri ga bisa liat, Alhamdulillah sih. Dan ga pernah merasa diganggu juga.

    Tapi masalahnya aku ada beberapa teman, dan ex asisten yg bisa melihat kalo menurut mereka πŸ˜…. Mau aku bilang bohong, tapi mereka ini tipe yg polos dan sepertinya ga mungkin utk bohong soal beginian.

    Ex asisten yg jelas2 cerita ttg kondisi rumahku yg katanya banyak. Tapiiii baik2 🀣. Cuma Krn dia masih baru waktu itu, jadi dia belum terbiasa Ama para makhluk di sini. So, kadang suka kaget dan jerit, kan bikin aku jantungan 🀣🀣.

    Dia sempet tuh bilang di jendela kamarku suka ada yg nongkrong. Tapi ga ganggu. Di kamar mandi asisten suka duduk juga, makanya si mbak paling sering kaget pas masuk kamar mandi.

    Naah, aku susah anggab yg begitu boong mas. Krn dia kliatan banget kagetnya. Kalo sampe itu cuma akting, dia mending jadi artis sih

    Trus kalo santet, aku pun awalnya ga percaya. Tapi ada 1 temenku yg istrinya kena, sampe akhirnya meninggal. Aku ngeliat kondisi istrinya baik2 aja, seger pula. Tapi pas tengah malam dia bakal kesakitan yg banget sampe pernah minta suaminya bunuh dia aja saking ga kuat. Dan itu berhenti jam 6 pagi. Konsisten begitu. Gimana aku mau ga percaya ya mas...

    Sudahlaah, yg pasti makhluk halus memang ada. Tapi ga tau yaa kalo ttg bisa melihat atau ga ini.aku sendiri ga akan pengen bisa melihat mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya alhamdulillah banget mbak, ga pernah merasa diganggu..

      Apa yg dialami Ex asistennya mbak sesuai dgn apa yg dikatakan paranormal di TV, disetiap rumah ada penunggunya, katanya.. jadi kemungkinan Ex asisten mbak memang berkata jujur.

      Hantunya nongkrong disitu terus ya kayaknya, kalau misalnya di jendela, disitu terus ga pindah2 πŸ˜…

      Pada dasarnya santet itu ulah setan juga yg disuruh oleh manusia, jadi ya besar kemungkinan santet itu memang ada di dunia ini.. hanya saja yg asli jumlahnya mgkn sedikit, yg banyak adalah santet modus, seperti yg dibuktikan Pesulap Merah, santet yg meniru trik sulap.. seperti mengeluarkan paku, silet, dari mulut itu semua trik sulap, katanya..

      Kalau soal melihat mahluk halus, seperti penjelasan paranormal di TV, semua orang sepertinya bisa melihat cuma harus di usap dulu wajahnya sama paranormal, mereka menyebutnya membuka mata batin.. ya sebaiknya jangan melihat meskipun ada yg mau memperlihatkan, karena menurut paranormal, terkadang dan tak jarang mata batin yg sdh terlanjur dibuka tak bisa di tutup lagi, terbuka selamanya, haha..

      Delete
  5. Saya percaya adanya jin, dan itu pun memang ada di Al Qur'an. Yang menjadi hantu2 gentayangan itu juga mungkin ulah jin untuk mengganggu manusia, bukan arwah manusia yang sdh meninggal karena ketika manusia meninggal, dia sdh gak ada lagi di dunia ini.
    Saya bersyukur dikasi kenikmatan dengan ga bisa ngeliat makhluk2 itu, saya penakut πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  6. Kalau ini kisah dalam keluarga saya, Mas
    Saya punya keponakan. Bisa melihat "makhluk ghaib" yang tidak bisa terlihat oleh kebanyakan orang. Entah hantu atau apa... Tapi lama kelamaan jadi semacam gangguan. Keponakan saya sering kaget. Katanya yang dilihatnya seram-seram.
    Tambah parah saat ngekost di bandung, saat mulai kuliah. Katanya di tempat kost nya banyak terlihat. Berpindah-pindah tempat kost, mengalami hal yang sama.
    Solusinya, akhirnya "berobat" ke seorang kyai. Beberapa kali berobat, akhirnya tak lagi terlihat "makhluk ghaib" itu.

    Begitu sedikit ceritanya, Mas.

    Salam kenal dan salam persahabatan dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
  7. kalo menurut gw yang seringnya nonton acara youtube horror mahluk halus itu memang ada, beberapa orang pernah melihatnya dan ada yang bisa melihatnya, meski gw ga pernah melihatnya sekalipun tapi gw percaya mereka ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kang Jaey buka mata batinnya khanif biar dia bisa lihat...😊

      Bisa lihat Asmirandah 🀣

      Kabooor πŸšΆπŸ’¨πŸ’¨

      Delete
  8. Aku pernah lihat mas, lihat kuntilanak, beneran.πŸ˜„

    Lihatnya di Tivi filmnya Suzanna.🀣

    ReplyDelete
  9. boleh juga dipercaya kerana ajaran Islam menyuruh kita tahu tentang jin, syaitan dan makhluk halus

    ReplyDelete

Post a Comment