Skip to main content

Benarkah makan tumbung kelapa dapat menyebabkan cacingan?

Benarkah makan tumbung kelapa dapat menyebabkan cacingan?

Dulu semasa anak-anak di kampung saya setiap melihat ada orang mengupas kelapa biasanya kami meminta tumbungnya, tapi tak jarang mereka malah menakut-nakuti "Hati-hati lho makan tumbung kelapa bisa bikin cacingan!" dan itu fakta kami benar-benar cacingan, soalnya saat makan itu tangan kami penuh tanah, belum cuci tangan sehabis main kelereng di tanah wkwk..

Tidak hanya tumbungnya, tapi juga kelapa parut dikatakan dapat menyebabkan cacingan, dewasa ini saya baru paham sepertinya itu politiknya orang dewasa, mereka takut kelapa parut mereka habis kami makani, maklum jaman dulu di desa kami belum ada yang jual makanan ringan, hanya ada buah-buahan saja, hehe..

Bagaimana dengan agan apakah pernah juga mendengar ada orang yang mengatakan bahwa memakan tumbung kelapa dapat menyebabkan cacingan? jika pernah mendengarnya berarti agan sudah tua banget sekarang, saya rasa kata-kata itu hanya ada di tahun 1990-an wkwk..

Bicara soal tombong kelapa, yang juga dikenal sebagai daging kelapa muda atau endosperma kelapa muda, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan konsumsi tombong kelapa:


1. Kaya akan nutrisi:
Tombong kelapa mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat, vitamin C, vitamin E, vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi organ-organ.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:
Vitamin C yang terdapat dalam tombong kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan umum.

3. Menjaga kesehatan pencernaan:
Serat dalam tombong kelapa dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mendorong pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

4. Menyehatkan kulit dan rambut:
Kandungan vitamin E dalam tombong kelapa memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat. Selain itu, aplikasi luar tombong kelapa pada rambut juga dapat membantu menjaga kelembapan alami dan mencegah kerusakan rambut.

5. Sumber energi yang sehat:
Tombong kelapa mengandung lemak sehat yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang langgeng. Lemak sehat ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung:
Kandungan kalium dalam tombong kelapa dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung yang baik. Kalium juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Meskipun tombong kelapa memiliki manfaat kesehatan yang dijelaskan di atas, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang, sesuai dengan kebutuhan nutrisi individu Anda. Selalu konsultasikan dengan profesional medis atau ahli gizi sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Comments

  1. keren manfaatnya....
    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  2. Akuuuuu, pernah Diksh tau begitu, dan percaya lagi ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ฎ‍๐Ÿ’จ. Tiap kali asisten2 mama lagi marut kelapa, aku suka icip2 kelapa parutnya. Tapi selalu diomelin, katanya bikin ccingan . Padahal dipikir2, kalo cacingan, mau dimasak kuga bikin cacingan ntr ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya wlw dimasak tetap bikin cacingan ๐Ÿ˜…

      Delete
  3. kalo orang tua jaman dulu bilang, kalo kebanyakan makan kelapa pantat bisa krawiten alias gatal kak, benar atau gk ya as jay wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener itu, yg bikin gatal itu karena cacing mau keluar, karena ga bisa keluar dia gigit2 jadinya gatal ๐Ÿคฃ

      Betul pak ✌๐Ÿ˜…

      Delete
  4. Tinggal minum obat cacing wkwk...gimana ya habis enak kan rasa kelapa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu solusinya kak, sebenarnya yg penting tangannya higenis agar tdk cacingan..

      Pak ๐Ÿ‘

      Delete
  5. Kalo aku nyebutnya kentos kwkwkw
    Makan kentos gak bkin cacingan, tp parutan kelapa bkin cacingan katanya mah. Dan aku ya mesti peecaya. Pdhal emak2 bilang gitu biar hasil partan kelapannya gak diambilin kwkwkw

    Btw malah banyak manfaatnya ya hihi tp jaman skrang orang dh kurang suka kayaknya sama tumbung atau kentos itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu politiknya orang dewasa biar kelapa parutnya ga habis..

      Jaman skrg praktis ada santan instan, jadi jarang nemu kentos kecuali ke tukang parut kelapa ๐Ÿ˜…

      Delete
    2. Kwkkw politiknya keren tp, bisa dipercaya oleh para bocil.

      Iya skrang mah ada yg instan, gak ribet, gakda kentos. Lagipula meski ada juga dh mager mau makannya kwkwkw

      Delete
  6. samasekali tidak! Hoax itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hoax kang tapi menjadi true jika tanganya berkuman saat makan ๐Ÿ˜…

      Delete
  7. saya sudah lama banget gak makan tumbung kelapa. Kayaknya terakhir pas SMP deh, jadi kepengen lagi makannya, enak baget sih itu mas hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku terakhir pas SD itu aja, kalau bagiku rasanya seperti roti tawar yg di campur air kelapa kang, hambar2 gitu deh rasanya ๐Ÿ˜…๐Ÿ‘

      Delete
  8. Pohon kelapa tu pohon seribu guna, tombong kelapa banyak khasiatnya๐Ÿ˜‡ btw benar sekali manfaat yg di dapat itu

    ReplyDelete
  9. Semasa kecil, jika kebetulan emak kebeli kelapa calon tumbuh. saya rebutan sama adik2. Tak tahu dan tidak mau tahu manfaatnya bagi kesehatan. Ha ha ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nek, yg penting sikaaaat hihi ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Delete
  10. Yang benar tumbung atau tombong nih? Hihihi

    Kalau di tempat saya ngga ada istilah "makan tombong bikin cacingan" malah kalau pas mau marut kelapa ada tombongnya, tombongnya itu dikasih ke anaknya tapi di sini yang ada tuh istilah "banyak makan kelapa parut bikin kremian"..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya bener huu..

      Sama aja huu, kermian itu jenis cacing juga, cacing kermi, cacing gelang, entah apa saja lagi nama cacing ๐Ÿ˜…

      Delete
  11. ya...banyak manfaat makan tumbung kelapa...saya juga pernah makan dan memang sedap juga

    ReplyDelete

Post a Comment