Skip to main content

Cara menilai seseorang sulit atau lebih mudah dihipnotis

Cara menilai seseorang sulit atau lebih mudah dihipnotis

Berkaitan dengan posting sebelumnya Mengapa tebakan Orang di Video ini Selalu Benar?

Diposting tersebut saya menunjukkan sebuah video yang mampu menebak kartu pilihan kita dengan benar.

Saya penasaran mengapa cuma saya yang kartunya dapat ditebak oleh video tersebut sementara teman yang lain tidak.

Diposting tersebut juga saya mempertanyakan metode apa yang kira-kira pembuat video itu gunakan untuk menebak.

Satu-satunya metode paling mendekati yang digunakan adalah hipnotis.

Soalnya saya pernah menonton acara hipnotis secara live di TV, pernah dilakukan Ferdian dan Dedy Corbuzier untuk menghipnotis penonton diluar TV dan berhasil alias bisa jarak jauh.

Jadi berdasarkan itu saya beranggapan kemungkinan bisa juga memasukkan sugesti kedalam video untuk menghipnotis penonton video tersebut.

Anggapan tersebut juga saya asumsikan berdasarkan pernyataan Romy Rafael yang pernah mengatakan bahwa kata-kata dalam iklan rata-rata mengandung hipnotis dengan tujuan agar orang tertarik membeli produk yang diiklankan tersebut.

Jika ada orang yang mampu memasukkan kalimat menghipnotis pada iklan kemungkinan dia juga mampu memasukkannya ke video.

Saya seperti orang lebay ya guys? masalah video tebak-tebakan doang dibesar-besarkan tapi harap maklum guys sepertinya saya menyukai hal-hal semacam ini, hehe.

Sekilas info buat agan yang belum kenal, Ferdian dan Romy Rafael serta Dedy Corbuzier adalah salah satu dari sekian Master Hipnotis serta Master Sulap di Indonesia.

Jadi karena saya beranggapan bahwa video dipostingan sebelumnya itu menggunakan metode hipnotis lalu kemudian saya mencari info tentang hipnotis dan menemukan artikel berikut ini dan sepertinya sesuai bahwa mengapa kartu pilihan saya selalu dapat ditebak dengan benar? Jawabannya berdasarkan artikel tersebut adalah karena saya memiliki konsentrasi sangat tinggi.

Berikut penjelasan artikel tersebut saya salin dari https://hellosehat.com/saraf/saraf-lainnya/beberapa-mudah-dihipnotis-lainnya-tidak/

Mengapa sebagian orang mudah dihipnotis?


Hipnotis bekerja dengan cara mengubah aktivitas di daerah otak yang terkait dengan perhatian atau kewaspadaan. Pada saat itu, Anda akan mencapai tingkat fokus atau konsentrasi yang sangat tinggi, sehingga sugesti yang diberikan kepadanya akan lebih mudah diterima. Dengan begitu, tujuan hipnotis (seperti untuk mengendalikan perilaku atau fobia) bisa lebih mudah tercapai karena Anda sangat fokus pada isi sugesti yang diterima.

Menurut dr. David Spiegel, seorang spesialis kesehatan jiwa sekaligus profesor psikiatri dan ilmu perilaku dari Stanford University, ada sekitar 25 persen orang yang tidak mudah dihipnotis.

Spiegel menjelaskan dalam Archives of General Psychiatry bahwa terdapat perbedaan di area otak pada orang-orang yang sulit dengan orang-orang yang mudah dihipnotis.

Pada orang yang sulit, area otak aktif yang terkait dengan kontrol eksekutif dan perhatian cenderung memiliki aktivitas yang lebih sedikit. Sementara, orang yang mudah dihipnotis memiliki area otak aktif yang lebih besar di bagian kontrol eksekutif dan bagian yang berperan dalam memusatkan perhatian.

Jadi dengan kata lain, orang yang lebih mudah berkonsentrasi pada satu hal dalam satu waktu justru cenderung lebih mudah teripnotis. Sedangkan orang yang sulit berkonsentrasi akan lebih sulit dihipnotis. Hal ini terbalik dengan teori yang banyak dipercaya awam, yaitu justru orang yang susah konsentrasi yang mudah dihipnotis.

Cara menilai seseorang sulit atau lebih mudah dihipnotis


Sebenarnya tindakan ini mudah dilakukan jika memang orang yang bersangkutan menginginkannya. Jika orangnya tidak berkenan, maka hal tersebut juga akan sulit dilakukan.

Jika Anda sendiri belum pernah, mungkin sulit menentukan apakah Anda mudah dihipnotis atau tidak. Anda mungkin bisa mencoba mengerjakan tes dari Hypnosis Motivation Institute di bawah ini untuk mengetahuinya.

Coba jawab semua pertanyaan di bawah ini dengan “ya” atau “tidak”. Beri nilai satu (satu) untuk semua jawaban “ya” dan jumlahkan.

Apakah Anda memiliki banyak kenangan yang masih sering Anda ingat dari masa kecil Anda?

Apakah Anda cenderung terbawa suasana saat nonton film atau baca buku?

Apakah Anda cenderung tahu apa yang akan dikatakan seseorang sebelum orang tersebut mengatakannya?

Apakah gambar visual yang kuat pernah memicu Anda merasakan sensasi fisik karenanya? Misalnya, Anda merasa haus saat menyaksikan adegan film di tengah gurun.

Apakah Anda pernah pergi ke suatu tempat dan bertanya-tanya bagaimana Anda bisa sampai di tempat itu?

Apakah Anda kadang berpikir dalam gambar bukan dalam kata-kata?

Apakah Anda pernah merasakan kehadiran seseorang saat ada di ruangan, bahkan sebelum melihatnya?

Apakah Anda suka melihat bentuk awan?

Apakah Anda suka mengingat kenangan kuat hanya karena mencium bau?

Pernahkah Anda memikirkan sesuatu yang sangat dalam saat sendirian dan dalam suasana yang sedang mendukung?

Hasil:

Skor 0-2: Anda mungkin sulit dihipnotis dan mungkin mengalami masalah dalam merespons sugesti saat dihipnotis.

Skor 3-7: Anda mungkin tidak mudah dihipnotis tapi tidak sulit. Anda mungkin juga tidak mudah menerima sugesti saat dihipnotis.

Skor 8-10: Anda mungkin mudah dihipnotis.

Namun, sekali lagi hasil tes di atas bukan harga mati. Seberapa mudah Anda atau tidak bergantung pada banyak sekali faktor lain. Sebagai contoh kondisi lingkungan di sekitar, siapa yang melakukan, dan apa tujuannya.

Comments

  1. kalau iklan, karena bahasanya simpel dan diulang ulang.....

    misalnya, "hidup sederhana" diikuti dengan visualisasi hidup sederhana, misalnya pakai baju putih dan sendal jepit.... kemudian diulang ulang setiap jam, berhari hari, berbulan bulan oleh jutaan orang melalui berbagai media... akhirnya semua orang terhipnotis dengan kata "hidup sederhana"....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, sesuatu yg diulang2 akan melekat disanubari hehe 👍

      Delete
    2. Sama seperti para afiliator binomo ya pak, tiap hari para subscribers dijejali rumah bagus dan mobil mewah serta barang branded, katanya murah banget, akhirnya kalap ikut ikutan sampai rumahnya ikut terjual.😂

      Delete
    3. Wah afiliator, mau dong jadi afiliator, link referalnya mana 🤣🤣

      Delete
    4. Tanya kang Satria saja 😁

      Delete

    5. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Delete
  2. Replies
    1. Skor saya 6 pak. Tengah2,

      klo cwe mns yg hipnotis saya terhipnotis 🤣

      Delete
  3. Wah skor saya 7, sepertinya aku mudah di hipnotis apalagi kalo yang hipnotis cewek cantik dan bahenol.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih tengah2 kalau 7, yg parah itu 10, lihat cwe.. cantik ga cantik tetap terhipnotis 😜😜

      Delete
    2. Itu mah kang jaey.🙄

      Delete

    3. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣☝🏾☝🏾

      Delete
    4. 🤣🤣🤣👆👆👆

      Delete
    5. Wkwkwkwk astagfirullah om agus

      Delete


  4. Kalau gue bisa Hipnotis orang Huu...Apa lagi Hipnotis cewek.🤣🤣🤣


    Yang belum gue bisa Hipnotis orang dari jarak jauh..😊😊😊


    Tapi gue orangnya paling anti di Hipnotis Huu....Jadi lebih baik gue milih kabur ketimbang di Hipnotis.🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat suhu bisa menghipnotis, pantes banyak mantannya huu 🤣👍

      Jarak jauh sepertinya sama aja huu seperti dekat juga karena pembatas antara TV dan Pemirsa itu kan cuma kaca 😅 Tes huu video call sama siapa kek terus hipnotis dia 🤣

      Sama huu saya juga belum pernah dihipnotis, klo misal ada hipnotis live saya menoleh ke lain dan mute suara TV biar ga dengar sugestinya 🤣

      Delete

  5. Setelah menjawab seluruh pertanyaan skor saya selusin. Artinya apa, kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya bisa menjadi bermacam-macam mas, gampang dipermainkan perasaannya, gampang dibohongi, pokoknya gampangan haha..

      Tapi positifnya semisal bikin puisi, cerpen, dll itu bisa langsung nyampe ke hati pembacanya, intinya memiliki perasaan halus mgkn, klo sholat khusyu, nonton drakor nangis 🤣👍👍

      Delete
    2. Waduh, serem juga ya artinya..hihihi.. kalau ditambahi satu lagi boleh ngga?

      Drakor itu yang kayak gimana, di LK21 ada apa ngga?

      Delete
    3. Boleh tambahin satu lagi, kalo ada yang pinjam uang gampang ngasihnya.😄

      Sepertinya ada Drakor di LK21, ketik saja kolom pencarian Drakor Ball Super: Broly atau Drakor Ball Super Tournament, nanti pada muncul Drakor nya.😊

      Delete
    4. Ga seram mas, itu bisa diubah2 lagi sesuai selera 😅😅

      Drakor (drama korea), aku malah gatau LK21 itu apa? 🤣

      Itu Drakor mana lagi mas, Dragon Ball kah hehe..

      Delete
    5. Kang jaey ngga tahu LK21, tahunya Siskaeee dan Dea yang lagi viral.😄

      Delete
    6. Iya klo Dea tau soalnya ada iklan ttg dia lewat di fb 🤣

      Nah Dea itulah jawaban dari teka teki di post yg sebelumnya ttg dibayar $7 per Subscriber 🤣

      Delete
    7. Wah kalah sama kang Satria dong yang sudah jadi member disana 🤣

      Delete
  6. Saya skor nya 5 nih. Pertengahan yaak heheeg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pertengahan kang, kadang bisa di hipnotis kadang gagal 😅

      Delete
  7. Waduh skor saya termasuk yang mudah dihipnotis.
    Apalagi mak mak macam saya memang sangat konsentrasi ..terutama konsentrasi cari promo di online market ..hehe
    Kayak jadi mudah banget memutuskan memasukkan ke keranjang belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tapi terkadang kita sendiri yg menghipnotis diri kita.

      Contohnya seperti ketika mbak mengucapkan ini "Waduh skor saya termasuk yang mudah dihipnotis.." 😅

      Delete
  8. Aku termasuk org yg sulit konsentrasi sama satu hal dalam satu waktu, mungkin termasuk yg sulit dihipnotis kali ya, tapi aku orangnya kagetan, gampang bengong hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengong bisa jadi termasuk sulit juga dihipnotis, tukang hipnotisnya cape baca sugesti kita cuekin akhirnya gagal 🤣

      Delete
  9. Selamat hari Senin kang jaey.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus> orangnya lagi sibuk.... 😁🤣

      Delete
    2. Selamat hari senin juga mas 😅👍

      Ga sibuk pak, cuma lagi bengong 🤣

      Delete
    3. Bengong mikirin Amanda dan Satria kah?? 😄

      Delete

    4. 🤣🤣🤣🤣🤣👆👆

      Delete
  10. aku bikin gambar berputar kayak obat anti nyamuk, lalu kusuruh adik ku yang paling kecil memandanginya, puyeng dia, tapi gak kehipno, malah nangis dan di omein mama...katanya mau jadi tukang hayal, bantu masak aja ...

    ReplyDelete

Post a Comment