Skip to main content

Kisah Nyata: Keanehan Yang.. Yang..?



Di sebuah desa terpencil sekitar 20 tahun lalu pernah mendapat julukan sebagai desa tertinggal karena desanya tidak semaju desa2 lainnya dan tampaknya hingga sekarangpun desa ini masih tertinggal khususnya dalam hal sinyal internet dimana desa2 lain sudah memiliki tower sementara di desa ini baru punya tiangnya doang. Padahal desa ini termasuk paling dekat dengan kabupaten yang semestinya lebih duluan maju tapi nyatanya tidak.

Konon mitosnya desa ini pernah disumpahi seseorang, jadi mungkin itulah kaitannya dengan julukan 'desa tertinggal' itu. Saya mendengar mitos ini ketika masih kecil saat ibu merumpi bersama temannya, hihi kecil2 tukang nguping, "Konon ada orang (mungkin seumuran nenek saya) dimasa itu dituduh selingkuh dan untuk membuktikan kebenarannya maka dilakukan sumpah pocong. Keberanian orang tersebut menerima tawaran disumpah pocong mengasumsikan bahwa dia benar tidak berselingkuh. Karena merasa benar orang tersebut akhirnya menyumpahi balik desa tersebut agar tidak pernah makmur sampai 7 turunan" Dan sepertinya sumpah orang tersebut dikabulkan Tuhan. Jika orang tersebut seumuran nenek saya lalu nenek melahirkan ibu terus ibu melahirkan anak dan anak melahirkan cucunya ibu, setidaknya ini baru 4 tingkatan generasi turunan, berarti menunggu sekitar 3 turunan lagi baru desa tersebut terbebas dari kutukan.

Oleh karena desa tertinggal dengan munculnya metode belajar online secara daring sekarang ini membuat desa ini kelabakan mencari sinyal dan terpaksa mengeluarkan biaya berlipat seperti terpaksa membeli bolt penguat sinyal yang tidak banyak memberi manfaat karena sinyal tetap sulit hingga harus bolak balik ke kota dengan biaya tambahan perjalanan untuk mendapat sinyal agar dapat belajar online.

Tidak heran rata2 pemuda desa ini punya dua hp yang satu hp-nya digunakan sebagai hotspot dan satunya lagi untuk berselancar di internet. Tapi bagus juga sih minim sinyal karena pemuda sini kegandrungan game PUBG, yang menurut isunya banyak yang tidak tidur, tidak makan, berhari-hari bahkan berhenti bekerja demi untuk menekuni game tersebut, kecuali si penulis wkwk. Tapi dapat dimaklumi, mengingat orang yang mempunyai keinginan kuat untuk bermain game sementara sinyal tidak mendukung menjadi wajar jika stres sehingga menimbulkan rasa tidak lapar, tidak mengantuk, dengan kata lain ini bukan mutlak salah si game melainkan oleh nafsu keinginan si pemain itu juga.

Lalu apa hubungannya desa tertinggal, mitos, belajar daring, game PubG, dan baterai? Tak ada sih hanya ingin menulis bebas saja, hehe.

Tadi malam pas kebetulan malam jumat seperti biasa saya bermain internet, membaca berita (membaca judulnya doang sih) dan sekedar bermain sosmed. Dengan sinyal minim semacam itu akan lebih cepat menguras baterai hp dan kedua buah hp sayapun lowbat.

Dalam keadaan mengantuk berat setelah habis baca2 di internet termasuk chat dan blogwalking sayapun berhenti dari aktifitas itu dan langsung menge-ces hp satunya yang berfungsi sebagai hotspot dan yang satunya lagi tidak dices karena bagi saya mengeces hp saat pemiliknya akan tidur kuatir akan mengakibatkan baterai kembung/hamil dan alasan kedua karena menghindari radiasi atau gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh hp, kalau kena radiasi bisa berbahaya, pemiliknya akan berhayal mendapat perawan gratis, hehe.. kecuali jarak hp dan pemiliknya lebih dari satu meter. Jadi intinya saya sangat yakin bahwa sebelum tidur satu hp-nya di ces (jaraknya sekitar 1 meter) dan satunya lagi tidak dices (karena jaraknya kurang dari 1 meter), yang satunya baterainya sisa 15% dan yang satunya lagi yang tidak dices tersisa sekitar 50%.

Kedua hp tersebut juga kondisi baterainya dalam keadaan normal ini menurut alat aplikasi penganalisis baterai yang ada di hp tersebut mengatakan kalau kondisi hp-nya "Semuanya baik-baik saja" dan dari aplikasi cleaner juga mengatakan "Finished tidak ada masalah serius ditemukan", kecuali aplikasinya bohong tapi saya rasa dia jujur soalnya saat saya pakai, hp ber-baterai 3400mAh tersebut normal2 saja rata2 bertahan sampai sore, Tapi.. tapi.. mengejukkannya adalah ketika saya bangun tidur paginya kedua hp tersebut fullbat alias baterainya full 100% dan anehnya kedua hp itu chargernya tidak tercolok, entah siapa yang mencabut colokannya di hp satu itu, ini yang menurut saya paling aneh, saya ulangi, siapa kira2 yang mencabut colokannya?, sementara hp satunya lagi siapa yang mengecesnya? dari sebelumnya memang tidak dices dan cuma 50% kini menjadi 100%. Selama ini juga belum pernah ada yang menyentuh hp saya dikamar dan saya cuma jomblo dikamar jadi mustahil dilakukan orang lain juga saya tidak punya riwayat tidur berjalan atau semacamnya meskipun terkhusus tadi malam saya memang lupa membaca doa tidur karena langsung tertidur begitu saja. Sungguh suatu keanehan kan? tapi asik tidak repot mengeces lagi langsung full dengan sendirinya, serius, beneran, sumpah.

Keanehan juga terjadi di dua hari sebelumnya pas subuh, baterainya lowbat terus saya colokin carger namun berbeda dari biasanya di subuh kali itu saya merasa ringan tanpa sebab saya spontan mengaktifkan mode pesawat dan mode baterry saver lalu saya ces dan saya tinggalin sholat subuh. Pas selesai sholat saya ambil hp-nya dan jerejeng.. jerejeng.. taraaat.. baterainya cepat terisi hingga 97% dari awalnya cuma 95% dan seperti yang saya katakan diatas berdasarkan alat analisis baterai hp ini tidak punya masalah alias normal dan juga bukan hp jenis terbaru yang memiliki fast-charging, lalu mengapa cepat full hanya dalam waktu sholat sekitar 30 menit. Tidak hanya hp, sipemiliknya juga merasa sehat2 saja dan sudah makan juga tidak salah makan hanya saja memang sebelumnya saya menonton film "Now You See Me 2" tentang sulap dan menonton video viral di TV ada kuda di Rusia yang berlari diatas air sungai tanpa tenggelam seperti layaknya berlari di daratan, mungkinkah hp saya ketularan keanehan si kuda itu ataukah hp saya juga terkena imbas kutukan oleh si manusia pengutuk desa. Yang jelas ini keanehan tapi sayangnya setelah itu kecepatan ngecesnya normal lagi, sekitar 2-3 jam baru full, hmm!

Comments

  1. Kok bisa 2-2nya hapenya full 100 persen ya mas jaey
    Jangan-jangannn...??? Haha, mungkin ada yang tak kasat mata seperti gadis dalam lukisan atau gadis bergaun putih yang ada dalam kamar mas jaey?

    #bercanda :D

    Tapi abis baca ini aku jadi sadar, besok besok aku ga mau ngeces dalam keadaan tidur deh, takut baterenya 'hamil' atau kembung wkwkwk

    Pelajaran moral yang dapat ditangkap dari cerita ini adalah kita diharapkan nda boleh nuduh orang melakukan hal hal yang nda dilakukan ya, soalnya ujungnya bisa berabe, doa orang teraniaya bisa berbuah kutukan, seperti yang terjadi pada nenek yang ada dalam cerita ini hahahhahah

    #buru buru ngecek tanggal publish , tumben updatean baru 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, gadis bergaun putih nya datang.🙄

      Kaboorrr 🏃🏃🏃

      Delete
    2. lo salah mas bukannya aku gadis dalam lukisan ? wkwkwk

      becanda 😂ðŸĪĢ

      Delete
    3. Iya itu yg kutakutkan arah2nya spertinya mmg ke gadis bergaun putih 😆

      Intinya kalau baterai sdh full tapi msh kecolok trs kita blm bangun bisa2 hamil atau meledak 😆

      Iya selang seling post baru post lama, klo gada dua2nya kembali vakum lagi, nyusul Kang Satrio vakum cleaner 😆😆

      Delete
    4. Kalo zaman Nokia E63 sih iya kang, tapi sekarang aman saja, saya kadang ngeces sampai pagi tapi baterai aman ngga kembung.

      Bahkan baterai Xiaomi yang sudah ngedrop waktu diganti, anehnya ngga mlembung, biasa saja masih tipis, cuma memang sudah ngedrop. Kalo jaman Nokia mah beneran kayak hamil, lihatnya saja ngeri takut duar.

      Delete
    5. Nah itu dia mas mgkn aku trauma gara2 jaman nokia sring gembung, traumanya terbawa sampai ke andromeda 😆

      Delete
    6. pengalaman kalau punyaku yang baterenya gembung aka hamil adalah samsung, tapi lantas aku beli lagi di tipe yang sama, tab s yang sampai sekarang aku pakai buat ngeblog 😆

      Delete
    7. pernah mas tab s pas keluaran baru pas aku tidur sering lupa aku biarkan dalam keadaan tercaz, eh lama kelamaan ngambek hapenya trus sering drop dan akhirnya mati total mas, tapi aku beli samsung lagi sih sekarang yang biasa aku pakai buat ngeblog

      ^______^

      Delete
    8. Wih mantap, hapenya Samsul semua.😆

      Delete
    9. Samsulku yg mnengah kebawah mas, cuma REM 2GB 😆

      Delete
    10. samsuuung...ung...butand ul..

      samsung aku juga yang murah kok mas, samsung tab s awal yang dijual second sekarang uda 1,5 juta aja (yang penting fungsinya) buat ngeblog dan ina inu anu
      ^_^

      Delete
    11. Aku juga pengin tablet Samsul, aku lupa tipe berapa tapi aku cek di toko online harga barunya 1.8 juta. Rem nya juga lumayan 2 GB jadi ngga blong pas tanjakan.😂

      Delete
    12. tapi rata rata memang segituan sih mas, pyang 1,5 aja kemarin susah betul dapatnya rata rata hampir 1,8 mpe 2 jutaan aja yang second 😊☺

      Delete
    13. Kalo yang 1.8 juta itu baru mbak, layarnya 8 inchi, cuma ram nya 2 gb

      Delete
    14. ternyata cerita mas agus, mas jaey dan mas satria ada berhubungan juga di belakang layar yaa mbak mbul hahahaa

      Delete
    15. Layar blog 😆😆

      Delete
  2. Pasti habis salah makan nih, makanya tumben update beneran.😀

    Saya juga pernah tuh, baterai berkapasitas 4.000 mAh tapi di ces dalam setengah jam sudah penuh dari 18%, aku coba lagi besoknya ternyata cepat penuh juga, cuma setengah jam doang di ces udah penuh. Padahal aku cek katanya baterainya baik baik saja kecuali yang punya karena lagi ngga ada duit.😂

    Kalo soal kutukan sih di daerah saya tidak ada, cuma ada suatu tradisi yang agak aneh tapi tetap dipegang teguh oleh masyarakat desa saya. Ya gimana ngga aneh. tradisinya, kalo misalnya lapar kita harus makan, terus kalo ngantuk disuruh tidur. Hadeh, aneh aneh saja.ðŸ˜ą

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow sungguh sangat aneh

      ku tercengang ðŸ˜†ðŸ˜ąðŸ˜ą

      Delete
    2. Yang bikin tercengang itu yang baterainya cepat penuh apa masalah tradisi mbak.ðŸ˜ą

      Delete
    3. semua mua mua mua mua mua mua muaaaaaanya #ngomongnya pake nada spongebob squarepants yang nyebelin wkwkk

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Maaf tadi banyak tipo nya jadi dihapus suhu jaey.😂

      Delete
    6. Bukan aku mgkn si cempaka 😆

      Delete
    7. waduh siapakaj cempaka itu?

      Delete
    8. Maksudnya itu aku yang ngapus suhu jaey.

      Delete
    9. memangnya tadinya mau ngetik apaan ? 😂ðŸĪĢ

      Delete
    10. Wah, udah seminggu lebih, udah lupa mau ngetik apa.😂

      Delete
    11. Paling mau ngetik anu 😆😆

      Delete
  3. Iya dong ada untung jg kan slh mkn jadi punya post baru xixi

    Klo cm setengah jam full, brarti hp mas fast carging 😆

    Klo tradisi itu sdh dari dlu mgkn turun temurun, tp ga juga sih klo aku pas laper mlh tidur tp pas bulan puasa xixi

    Mas Agus mmg mencengangkan ya mbak, paranormal gitu loh 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan fast charging tapi karena memang baterainya sudah ngedrop, cepat penuhnya tapi cepat juga abisnya.😂

      Delete
  4. Replies
    1. Orang ini komen di blogku juga. Eh, ga hanya aku banyak deh yg dikunjungi

      Delete
    2. ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ

      Delete
  5. Suhu Herman kemana ya, kok tumben banget seminggu ngga datang.😀

    ReplyDelete
  6. Haaahaaaa!!... Mending ente kutuk lagi tuh desa selama 7 turunan juga + tanjakan...ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ

    "Yaa Allah kutuklah desa ini menjadi desa teknologi"


    Keesokan harinya pohon2 berubah jadi tower dan gedung2 pencakar langit sinyal pun semakin kuat jaringan internet serasa 6G...😊ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya, good idea 😆😆

      Delete
    2. Udah senang, eh begitu bangun tidur ternyata internet tetap lelet lagi.😆

      Delete
    3. Ya tepaksa tidur lagi klo gitu 😆

      Delete
  7. Seriusan nih penulis ngga ketagihan game pubg jugaaa ... ðŸĪ­ ?.

    Baru kali ini loh aku mampir di mari, kok tetiba udah ada kolom komentarnya ..., apa gegara ikutan kena munculnya tiang pemancar baru yaa 🗞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pernah main malah.. selain gada sinyal, hp nya juga ga mendukung 😆

      Di blog yg ini buka terus kolom komennya mgkn blog yg satunya, nama blognya mirip2 JAEYZONE dan JAEYZONA 😆😆

      Sedikit info, zone2nya itu terinspirasi dari minuman Mizone 😆

      Delete
    2. Tuh kan, sukanya merendah deh ðŸĪŠ.
      Pakainya aja hengfon aifon, kok bilangnya ngga ngedukung buat gaming.

      O iyaa tooow ..., ada 2 blog yang pakai nama rada mirip.
      Pantesan kok aku sempat keheranan lihat ada kolom komentarnya.
      Mas Jaey anaknya pengusaha minuman brand mizone ya ?

      Delete
    3. Bukan, mas Jaey itu anak pengusaha India yang jual bajaj.😆

      Delete
    4. Nah klo Mas Agus baru betul anak dari Mizone, Mas Him 😆😆

      Sueerius hpku cuma Ram 2GB ga kuat buat main 😆

      Delete
  8. dari 95 ke 97 % ya cepet kali mas

    ReplyDelete
  9. hmmm ... ini cerita tentang apa, ya? hp atau charger? eh? hihihi ...salam kenal aja deh yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya cerita misteri mbak. Hihiii

      Delete
    2. Misteri apa Do2....Misteri daleman Janda yaa..ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ 🏃🏃ðŸ’Ļ

      Delete
    3. Daleman ntuh apa sih mas Sat ?.
      Ginjel, paru, jantung gitukah maksudnya ðŸĪ” ?

      Delete
    4. Iya mgkn yg sejenis itu hihi

      Delete
  10. Lama yaaa kalo 7 turunan dikutuknya mas :D. Mending pindah desa itu kayaknya hahahahah.

    Yakiiiin nih kamu ga punya kebiasaan tidur berjalan :D. Kalo ga ada, mungkin ada penunggu baik hati yg mau bantuin cabut charge hp supaya Batee ga gendut :D . Gpp lah kalo bantu2 gitu mas :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul juga sih mending pindah atau gak tower org aja diculik dipindah ke desaku 😆

      Tetap seram walau bantu2 😆

      Delete
  11. saya ngaktifin aeroplane mode kalau waktu naik pesawat juga

    ReplyDelete
  12. hp tidak di cas tapi bisa terisi penuh, hayo ada apa itu,...ih serem

    jnagan-jangan di kamar mas, ada, ada, ada paa ya

    hayo,..wkckckkk, salam kenal kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada macem2, pintu jendela dan akuuu xixixi

      Delete
  13. Mampir datang lagi keempat kalinya akh disini 😊.
    Menantikan lahirnya pos keren berikutnya dari mas Jaey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu for mampir.

      Pos barunya msh dlm kandungan, blm lahir 😆

      Delete
  14. membaca berita (membaca judulnya doang sih)
    Sama seperti saya, sih. Apalagi berita hari ini judulnya pada bombastis trilili trialalala hahaa

    ReplyDelete
  15. Sekarang kuota internet kayak jadi kebutuhan utama setelah makan, sandang dan mapan.
    Kalau hape miskin kuota, pusing deh kelapa.
    Saya rencana ingin pasang wifi dirumah ,tapi ada daya, jaringan indome belum masuk desa
    Baterai hamil, jadi kayak pengalaman saya dulu.
    Tapi model hape sekarang kayaknya sudah tidak berlaku deh

    ReplyDelete

Post a Comment