Skip to main content

Sejarah Dan Penemu Kutang Pertama Kali

Sejarah Dan Penemu Kutang Pertama Kali

Kutang adalah pakaian dalam yang menutupi dan menopang payudara wanita. Kutang pertama kali ditemukan oleh Mary Phelps Jacob pada tahun 1913. Mary Phelps Jacob adalah seorang sosialita Amerika yang tinggal di New York City. Pada suatu malam, ia merasa tidak nyaman mengenakan korset yang ketat saat menghadiri sebuah acara. Ia pun memutuskan untuk membuat pakaian dalam yang lebih nyaman dan tidak membatasi gerak.

Mary Phelps Jacob membuat kutang pertama kali dari dua kaus kaki dan seutas tali. Ia mengikat kaus kaki di bahu dan dadanya, dan kemudian mengikat talinya di belakang. Kutang pertama kali yang dibuat oleh Mary Phelps Jacob ini sangat nyaman dan tidak membatasi geraknya. Ia pun memutuskan untuk mematenkan kutang tersebut pada tahun 1913.

Kutang pertama kali yang dibuat oleh Mary Phelps Jacob ini sangat populer di kalangan wanita Amerika. Kutang ini dianggap sebagai pakaian dalam yang lebih nyaman dan tidak membatasi gerak daripada korset. Kutang juga dianggap sebagai pakaian dalam yang lebih modern dan stylish.

- Sejak 2500 tahun sebelum Masehi, para cewek di pulau Kreta, Yunani, telah menggunakan pakaian sejenis bra untuk mengangkat payudara mereka di luar pakaian mereka.
- Tahun 450 sebelum Masehi, cewek Romawi menggunakan kemben untuk mengatur ukuran payudara mereka.
- Pada tahun 1893, Marie Tucek menciptakan breast supporter, pakaian yang mirip dengan modern bra dan tercatat pada kantor hak paten Amerika Serikat.
- Istilah "brassiere" pertama kali tercantum pada Oxford English Dictionary pada tahun 1912.
- Modern bra pertama kali dipatenkan pada tahun 1914 oleh Mary Phelps Jacob dari New York. Namun, hak patennya dijual ke Warner Brothers Corset Company.
- Di tahun 1928, Ida Rosenthal menciptakan sistem pengukuran cup pada bra dan mengembangkannya untuk tiap tahap kehidupan dari masa puber hingga kedewasaan.
- Baru di tahun 1935, Warner menciptakan sistem pengukuran cup atau pembuatan BH yang kita kenal sekarang dari A hingga D, yang segera diterapkan oleh produsen bra lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, kutang telah mengalami banyak perubahan. Kutang saat ini dibuat dari berbagai bahan yang lebih nyaman dan stylish. Kutang juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita. Kutang saat ini telah menjadi pakaian dalam yang wajib dimiliki oleh setiap wanita.

Comments

Post a Comment