Skip to main content

Ralph H. Baer: Penemu Game Pertama Kali

Ralph H. Baer: Penemu Game Pertama Kali

Ralph H. Baer, seorang Jerman yang tinggal di Amerika sejak kecil, lahir pada 8 Maret 1922. Sebagai seorang insinyur televisi yang langka pada masanya, Baer menciptakan permainan di televisi pada tahun 1966 ketika bekerja di perusahaan bernama Sanders.

Permainan ini berkembang menjadi protoip konsol game pertama yang disebut Brown Box, dan berhasil dipatenkan pada tahun 1968. Paten ini diakui sebagai video game pertama dan di lisensi oleh Magnavox Odyssey pada tahun 1972, menjadikannya konsol game pertama di dunia.

Selain itu, Baer juga menemukan kontrol pistol untuk video games yang bisa dimainkan di televisi, yang juga merupakan yang pertama di dunia, dan digunakan di Magnavox Odyssey. Baer terus bekerja di Sanders hingga pensiun pada tahun 1987.

Setelah itu, sejak 1983, Baer bersama kawannya menciptakan beberapa peralatan permainan di bawah nama MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE.

Penghargaan atas kontribusinya terhadap perkembangan dunia dan teknologi tidak luput dari perhatian. Pada 13 Februari 2006, Ralph Baer menerima National Medal of Technology dari George Bush atas penemuannya yang memulai era industri video game.

Comments

Post a Comment