Skip to main content

Penemu Dan Pembuat Website Pertama Di Dunia

Penemu Dan Pembuat Website Pertama Di Dunia

Membahas tentang website yang pertama kali dibuat di dunia. Mungkin saat ini sudah ada jutaan bahkan tirlyunan website atau blog, tapi tahukah sobat siapa yang pertama kali membuat kode website ini dan bagaimana tampilannya?

Penemu world wide web atau sejarah dari www adalah Berners Lee (Brainly). Tim Berners-Lee lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955. adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. 1990 adalah tahun yang penting dalam peristiwa dunia. Pada bulan Februari, Nelson Mandela dibebaskan setelah 27 tahun penjara. Pada bulan April, ruang Discovery pesawat ulang-alik membawa Teleskop luar angkasa Hubble ke orbit. Dan pada bulan Oktober, Jerman yang bersatu.

Kemudian pada akhir 1990, sebuah revolusi terjadi yang mengubah cara kita hidup saat ini. Tim Berners-Lee mengikuti mimpinya cara yang lebih baik, lebih mudah untuk berkomunikasi melalui komputer di skala global, yang menuntunnya untuk menciptakan World Wide Web.

CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, yang mana semuanya dimulai pada Maret 1989. Seorang fisikawan, Tim Berners-Lee, menulis proposal untuk manajemen informasi yang menunjukkan bagaimana informasi dapat dipindahkan dengan mudah melalui Internet dengan menggunakan hypertext, sistem point-and-click sekarang akrab menavigasi melalui informasi.

Tahun berikutnya, Robert Cailliau, seorang insinyur sistem, bergabung dan segera menjadi nomor satu advokat. Idenya adalah untuk menghubungkan hypertext dengan internet dan komputer pribadi, sehingga memiliki jaringan informasi tunggal untuk membantu fisikawan CERN berbagi semua informasi komputer yang disimpan di laboratorium.

Hypertext akan memungkinkan pengguna untuk browsing dengan mudah antara teks pada halaman web dengan menggunakan link. Contoh pertama dikembangkan pada komputer. Berners-Lee menciptakan browser-editor dengan tujuan mengembangkan alat untuk membuat Web ruang kreatif untuk berbagi dan mengedit informasi dan membangun hypertext umum.

Apa yang mereka sebut browser baru itu. Tambang Informasi? The Mesh Informasi? Ketika mereka menetap di nama di bulan Mei 1990, itu adalah WorldWideWeb. Info.cern.ch adalah alamat pertama kalinya situs web dunia dan server web, berjalan pada sebuah komputer di CERN. Alamat web pertama adalah halaman http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang berpusat pada informasi mengenai proyek WWW.

Pengunjung bisa belajar lebih banyak tentang hypertext, rincian teknis untuk menciptakan halaman web mereka sendiri, dan bahkan penjelasan tentang bagaimana untuk mencari web untuk informasi. Tidak ada screenshot dari halaman ini asli dan, dalam hal apapun, perubahan yang dilakukan setiap hari untuk informasi yang tersedia di halaman sebagai proyek WWW dikembangkan. Anda mungkin menemukan salinan kemudian (1992) di situs World Wide Web Consortium.

Namun, sebuah situs web seperti telepon, jika ada hanya satu itu tidak banyak digunakan. Tim Berners-Lee diperlukan untuk mengirimkan perangkat lunak server dan browser. Sistem namun itu jauh maju atas komputer orang umumnya telah di pembuangan mereka: sepotong jauh lebih canggih dari perangkat lunak yang diperlukan untuk distribusi. Dengan musim semi 1991, tes sedang berlangsung pada browser modus baris yang universal, yang akan dapat berjalan pada komputer atau terminal. Hal ini dirancang untuk bekerja hanya dengan mengetik perintah. Tidak ada mouse, tidak ada gambar, hanya teks biasa, tapi itu memungkinkan siapa pun dengan akses koneksi internet ke informasi di Web.

Komputer bersejarah yang digunakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dipamerkan di pameran Mikrokosmos di CERN. Ini adalah server web pertama, hypermedia browser dan web editor. Selama 1991 server muncul di lembaga lain di Eropa dan pada bulan Desember 1991, server pertama di luar benua itu dipasang di AS di SLAC (Stanford Linear AcceleratorCenter). Pada bulan November 1992, ada 26 server di dunia, dan oleh Oktober 1993 angkanya meningkat menjadi lebih dari 200 server web dikenal.

Pada bulan Februari 1993, Pusat Nasional untuk Aplikasi Supercomputing (NCSA) di University of Illinois di Urbana-Champaign merilis versi pertama dari Mosaic, yang membuat Web tersedia untuk orang-orang yang menggunakan PC dan Macintoshes Apple.' dan sisanya adalah sejarah Web. Meskipun konsepsi Web dimulai sebagai alat untuk membantu fisikawan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit tentang alam semesta, saat ini penggunaannya berlaku untuk berbagai aspek dari masyarakat, ini dia websitenya: www.info.cern.ch

Sumber: djogdja.net

Comments

  1. Hebat juga yee Hu, si Brainly ini...Meski butuh orang juga untuk sebuah penelitiannya namun ia tetap sabar dan mengerjakannya secara kontinyu.

    Hingga hasilnya bisa dinikmati hampir seluruh orang yang ada didunia.😊😊

    Gue juga baru tahu penemu web ternyata si Brainly. Kiarin Janda sebelah.🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul huu dia kerja sama dengan para ahli lainnya.

      Ane ngoleksi2 penemu2 huu, penemu game, ada penemu kutang juga, fav ini 🀣🀣

      Delete
    2. Termasuk penemu kondom juga nggak Huu.. πŸ™„πŸ™„πŸ˜³

      Delete
    3. Iya kalau ada bisa juga tuh πŸ˜…πŸ˜…

      Delete
  2. penemu aslinya cuma tamatan STM, seorang tehnisi ......
    tetap miskin sampai hari ini.....
    sad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyedihkan ya pak, penemu tapi tak mendapatkan apa2, bahkan miskin, saya pikir penemu akan di elu2 kan dan sepertinya tidak, syg sekaliπŸ‘

      Delete
    2. ya, kalau penemu sekaligus entrepreneur.... kaya, sekaligus dielu elukan

      Delete
  3. sama dengan penemu asli Facebook, mahasiswa dari universitas connecticut.....

    nah, setelah mengadu ke dosen dosen Mark, yang ini dikasi duit oleh Mark akhirnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ada penemu asli Facebook, saya kira Mark yg pertama, tapi yg ini lbh beruntung ya pak, akhirnya dikasi duit oleh Mark, hadeeh saya pikir jadi penemu itu makmur sepertinya tdk πŸ˜…

      Delete
  4. Ulasan yang bermanfaat, dan informatif. Luar biasa.

    ReplyDelete

Post a Comment