Skip to main content

Kenanganku Bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL

Kenanganku bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL, cerita saya kemas dalam bentuk cerpen hehe.

Mr. Perfectionis: Kenanganku Bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL

Setiap kali menonton TV dimasa itu selalu muncul iklan "ketik: blabla dan kirim ke blabla". Tidak hanya di TV tapi juga di Majalah dan Sejenis Koran.

"Apa sih itu?" Ucapku penasaran dalam hati melihat iklan tersebut. Lama kelamaan dan seringnya iklan itu muncul akhirnya rasa penasaranku memuncak, aku mencoba mendaftar dengan Ponsel Nokia 6600 milikku dan mengikuti semua panduannya, alhasil semua pulsaku ludes tersedot oleh konten premium berlangganan tersebut, bahkan saat mengisi pulsa lagi tetap masih terus tersedot hingga kembali ludes, tapi dari itu semua aku jadi mengerti cara unreg atau berhenti berlangganan dari konten premium yang meludeskan pulsa, dari semua itu juga aku mengenal internet untuk pertama kalinya, dari kesalahan itu juga aku menjadi tau rupanya internet dapat di akses melalui Ponsel Nokia 6600 milikku, meski disisi lain aku juga menjadi trauma ketika menemukan tulisan apapun yang berbunyi "ketik: blabla dan kirim ke blabla".

Sesaat setelah mengetahui Ponsel Nokia 6600 milikku dapat digunakan untuk berinternet, aku mulai berselancar menjelajahi dunia maya dan menemukan situs FriendSter, aku mendaftar tapi dimintai email, "Apa itu email?" Ucapku dalam hati, ku perhatikan akun orang-orang bertuliskan nama@yuurok.com, "Mungkin itulah email?" Ucapku membatin dan kemudian aku mendaftar di layanan email tersebut dan setelah itu aku mengenal berbagai macam layanan email lainnya namun yang paling ku senangi adalah layanan email dari SCTV dan Telkom karena dua merek itu cukup familiar dan terdengar keren ditelingaku.

Setelah memiliki akun FriendSter dan email @telkom aku mulai belajar menggunakan situs Friendster, hingga hari kedua pandanganku tertuju pada salah satu akun Friendster dengan tampilan berbeda dari lainnya, akupun bertanya "Bagaimana caranya?" diapun mengajariku dan tak berapa lama akupun bisa. Tampilannya menggunakan kode Iframe dari situs Wen.ru yang ditempelkan ke Friendster (FS) sehingga tampilan akun FS kita dapat di desain sesuai selera berdasarkan desain kita di Wen.ru. Ini awal aku pertama mengenal Wen.ru dan belajar kode html dasar disana. (Dot)Ru merupakan nama domain dan WapBuilder dari Rusia.

Mr. Perfectionis: Kenanganku Bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL

Perlahan tapi pasti sepertinya aku lebih menyukai Wen.ru dan meninggalkan Friendster. Beberapa bulan berlalu aku mulai familiar dengan kode-kode html di wen.ru dan menjalin pertemanan dengan sesama anak Indonesia melalui Guestbook (GB). Selain melalui GB kami juga menjalin komunikasi melalui Aplikasi Chat Mig33 namun aku tak begitu menyukainya karena terlalu banyak penggunanya disana dan kacau sehingga aku lebih memilih App chat jenis lainnya, Nimbuzz dan Mxit.

Hingga suatu hari aku menemukan lagi App Chat yang berbeda dengan yang lainnya yaitu MiniFriday (MF), chat sambil berjalan dengan Avatar (kartun) di ruangan yang berada di atas awan. Ada ruangan Bar dan Taman layaknya berinteraksi di dunia nyata.

Mr. Perfectionis: Kenanganku Bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL

Mr. Perfectionis: Kenanganku Bersama Nokia-6600, FS, MF, Wenru, DLL

Di MF ini aku berkenalan dengan seorang cewek sebut saja namanya Bella dan aku mulai chat dengannya. Dialog dan Pendeskripsian tentang MF mungkin tidak akan sama dengan aslinya soalnya saya lupa kejadian yang sebenarnya.

"Hi, what your name?" Tanyaku menanyakan namanya dengan berbahasa inggris meskipun sebenarnya aku tidak bisa berbahasa inggris tapi aku sengaja agar terdengar keren.

"Hah?" Jawabnya sambil membalikkan tubuh membelakangiku dan berpura-pura memetik bunga di taman dalam chat itu.

"Common girl, ini chat teks, bukan suara, jadi berhenti pura-pura tidak mendengar!" Ucapku. Model chat MF ini tampak keluar gelembung teks dari sisi bibir di avatar kita, kalau sinyalnya lelet gelembungnya ngadat, hehe.., dan untuk menggerakkan avatarnya saya tidak ingat caranya.

"Oh.., iya sorry.., my name is Bella! Where do you comefrom?" Tanyanya.

"Good name.., aku dari Indonesia, wkwk! And you?" Jawabku.

"Your age?" Tanyaku lagi tak sabaran ingin cepat tau semuanya tentang dia.

"Sama aku juga dari Indonesia dan umurku 15. Ngapaen lu tanya-tanya umur?" Jawabnya.

"Wah kita seumuran dong!" Ucapku berbohong yang sebenarnya umurku lebih tua daripada dia.

"Btw.., kamu tidak bertanya siapa namaku?" Tanyaku lagi padanya.

"Aku tau namamu!" Jawabnya.

"Darimana kamu tau namaku?" Jawabku bingung.

"Pokonya aku tau!" Jawabnya lagi.

"Ya, aku tak heran mungkin kamu mengenalku di sampul majalah!" Ucapku garuk-garuk kepala sambil menulis chat itu, bingung dari mana dia tau namaku.

"Preet.., Gubrak!" Jawabnya, ini bahasa gaul jaman dulu yang sampai sekarang aku tak tau artinya.

"Kamu sudah punya pacar?" Tanyaku lagi spontan, aku bingung harus bertanya apa.

"Kita pindah room yuk, ke Bar!" Jawabnya.

"Emang kenapa kalau ngobrol disini?" Tanyaku.

"Ga enak terlalu banyak orang disini!" Jawabnya.

"Oh begitu, tapi bagaimana cara ke Bar? Maaf aku pengguna baru belum begitu mengerti MF!" Jawabku.

"Kalau begitu cari aku di Bar, aku pergi duluan ya, dadah!" Jawabnya langsung pergi menghilang.

Dia menghilang dan meninggalkanku di taman MF, akupun berbasa-basi sekedar say hello bersama pengguna lainnya yang ada di taman itu sambil mengutak-atik menu MF untuk mencari tau bagaimana cara pindah ke room Bar. Setelah klik ini dan itu mencoba satu persatu akhirnya aku tau cara berpindah room dan aku menyusulnya ke room Bar namun tampaknya dia sudah tidak ada disana dan untuk memastikan dimana dia berada akupun bertanya pada sepasang pengguna lain yang sedang mengobrol.

"Excuse me? Apa kalian tau dimana Bella?" Tanyaku.

"Siapa Bella?" Jawab salah seorang diantara mereka.

"Oh, kalian tidak mengenalnya, OK! maaf kalau begitu." dan akupun pergi alias off logout dari MF.

Beberapa hari berlalu setiap masuk ke MF namun aku tak pernah bertemu dengan Bella lagi sementara untuk mengobrol dengan pengguna lainnya entah kenapa aku merasa malas hingga akhirnya aku mengajak sesama temanku di desa untuk menginstall App MF dan kami pun bermain bersama sambil mengganggu orang lain disana.

"Kita ini bodoh ya, duduk berseblahan di dunia nyata tapi ngobrolnya malah ke MF!" Kataku pada teman-teman.

"Ya gapapa, hitung-hitung hiburan!" Jawab teman-temanku.

Selain saling ngobrol di MF hal yang disenangi pengguna lainnya adalah mengganggu orang lain, ada bermacam-macam trik cara mengganggu yang di tulis oleh anak-anak Wenru di wap mereka, trik paling populer adalah membuat semacam gempa dimana jika trik ini dikeluarkan semua pengguna akan otomatis logout dan tentunya membuat mereka kesal. Namun sepertinya semua itu hanya bisa dilakukan menggunakan Komputer saja jadi karena saya cuma pakai Ponsel Nokia 6600 tidak tau cara menggunakan trik itu.

Sambil menunggu Bella muncul kembali ke MF untuk sementara aku kembali bermain Wenru, belajar html, js, css, dll termasuk belajar mengedit App Jar, pengguna lain lebih suka mengedit logo OperaMini menggantinya dengan foto lain sedangkan aku lebih suka mengedit Aplikasi Kamus, nama pembuatnya serta logonya aku edit menjadi J-Kamus EN-ID/ID-EN dan mengakuinya sebagai milikku, haha.., saat itu kami belum mengerti soal hak cipta.

Sampai suatu hari aku kembali bermain MF dan duduk dipinggiran taman sambil bengong, seingatku terdapat perbedaan strata sosial di dalam MF ini, orang-orang kaya memiliki avatar berbeda sedang orang biasa memakai avatar umum dan juga kalau tidak salah ingat aku memiliki kostum yang sama dengan orang kaya pemberian si Bella dan si Bella dibuatkan oleh kakaknya.

Saat sedang bengong itu tiba-tiba ada cewek menghampiriku.

"Hi, kakak?"

"Bella ya?"

"Iya, aku pakai baju baru!"

"Aku mau juga dong baju baru?"

"Hmm, gatau aku dibuatin kakakku, nanti deh aku bilang ke kakakku tuk bikinin buat kamu!"

"Kamu kemana aja lama gak muncul?"

"Aku lupa alasan dia apa!"

"Aku boleh minta nomer hp kamu gak Bell?"

"Boleh.., tapi ini tempat umum?"

Aku tak ingat bagaimana cara kami bertukar nomor hp, apakah ia memberiku lewat email, friendster, ataukah aku yang nekat memposting nomor hp ku di chat itu. Namun yang pasti tak lama kemudian ada sms masuk ke hp ku.

"Halo, kak.., ini aku!"

"Siapa ya? Manda kah?"

"Bukan, ihh.., ini aku Bella?"

"Hihi, thank you sudah menghubungiku, aku kangen banget sama kamu!"

"Kak, aku boleh minta tolong tidak?"

"Apa?"

"Kakak tolong masuk ke MF, nanti disana ada aku sama cowok!"

"Siapa? cowok kamu ya?"

"Itu tak penting, pokoknya tolongin aku, kakak pura-pura jadi pacar aku disana!"

"Wah.., kalau urusan yang begitu-begitu serahin ke kita-kita, iya nggak Don? Kas?" Balasku pada sms Bella, menirukan gaya Indro Warkop.

Setelah itu akupun masuk ke MF dan melakukan permintaan Bella dan cowok itu pun pergi dan aku melanjutkan obrolan bersama Bella di MF.

"Kamu punya Friendster gak Bell?"

"Friendster sudah nggak jaman Kak, ada yang baru mirip juga, namanya Facebook" Bella pun menjelaskan cara kerja FB dan perbandingannya dengan FS dan dia memberikan alamat facebook.com"

"Oh begitu, ok thanks informasinya."

"Aku pamit dulu Kak, ada urusan!"

"Yup, Btw.., Bell kamu pacarku kan, haha.."

"Haha.." diapun membalas dengan tawa.

"If you my special girl friend, please kiss me?"

"No.." Jawabnya.

"Yes.." Jawabku.

"Alright.. Mwah!" Akhirnya dia mengalah.

"Please.., A long kiss.." Pintaku lagi.

"Emmuachh.." Balasnya.

"Good, Bell! My name is Mr. Perfectionis!" Ucapku bangga.

Saat bersamaan dengan itu ruangan dalam chat tampak berguncang dan sepertinya para jahilun melancarkan aksinya membuat gempa buatan dalam chat hingga semua pengguna termasuk saya otomatis keluar dengan sendirinya. Dan itu terakhir kalinya pertemananku bersama Bella, sejak saat itu kami tak pernah berhubungan lagi dan MF juga sepertinya mengalami kerusakan berat dan aku pindah ke Facebook meninggalkan Wenru dan juga Friendster tanpa alasan.

Tamat!

Intinya adalah iklan TV memperkenalkanku pada sms konten premium dan mengenalkanku pada internet dan friendster mengenalkanku pada email dan wenru serta berbagai chat dan chat mengenalkanku pada Bella dan Bella memperknalkanku pada facebook, hihi.

Kalau jaman sekarang yang mirip-mirip MF ini mungkin PUBG ya? main sambil ngobrol tapi saya belum pernah main PUBG hehe.

Comments


  1. Dulu pernah punya wenru, cuma daftar doang ngga tau cara gunainnya sama kayak xtgem juga cuma daftar doang..hihihi

    Email dari Telkom yang plasa.com kah?

    MiniFriday, baru tau nama aplikasi chatting ini, dulu kalau chatting saya cuma pakai YM, lalu pakai Messenger terus WhatsApp selebihnya cuma tau aja tapi ngga pernah daftar..hihihi

    Dulu di yahoo saya punya banyak email hampir tiap minggu bikin email cuma buat bikin rusuh aja chat room.. wkwkwk..dan sekarang tinggal sisa satu gara-gara catatan password hilang tanpa jejak..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wenru, Xtgem, Wapka, ketiga wapbuilder ini fiturnya sama saja dan yg membuatnya tampak sulit mgkn krn menunya muter2 saling tembus dari satu kamar ke kamar lain, cara kerjanya persis dgn filemanager di hp.

      Ga ingat saya huu plasa.com atau @telkom.com hihi

      Klo Yahoo dan Gmail saya taunya secara bersamaan huu, dan karena gmail lbh mudah jadi saya pilih gmail, YM saya blm pernah pakai, dan Messenger, Line, Telegram pernah coba sekali hanya sebatas ingin tahu dan lebih memilih WA 🤣

      Iya dengar2 dulu Yahoo itu seru dgn chat room dan YM nya tapi krn saya cuma pakai Nokia 6600 dan sulit akhirnya saya tak pernah merasakan keseruan disana 🤣 dulu suhu pakai apa main chat room?

      Delete
    2. Wapka juga punya, waktu itu cara buatnya saya ngikutin cara yang kang Jaey share lupa-lupa ingat sih kalau ngga salah cara membuat wapka menggunakan CSS MWB yang berwarna biru itu.

      Saya punya yang dari telkom itu plasa.com yang akhirnya merger sama Hotmail.

      Saya punya Gmail belum lama tahun 2015 kalau ngga salah, itu juga pas ada teman yang minta buatkan email di Gmail buat HP Android-nya.

      Kalau mau chat di YM pakai PC saya. Lewat HP ngga tau caranya..hihihi

      Delete
    3. Iya saya ngeshare tutorial wapka juga di MWB dan Css biru itu sudah semacam favorit saya, dimanapun saya pakai css header biru 😅

      Iya mgkn punya saya plasa.com juga cuma ga ingat 😅

      Sama saya kenal gmail dan yahoo juga blm lama, yg mgkn sekitar thn 2015 juga wkwk

      Nah itu dia, YM sepertinya cuma bisa pakai PC, YM klo ga slh ada icon kecil yg bisa dipasang di blog/wap, jika icon kecil itu berwarna kuning itu tandanya si pemilik YM sedang online, betul kah 🤣

      Delete


  2. Kalau aplikasi seperti Nimbuzz, Mxit dan Migg33 gue tahu huu cuma ogah buatnya dulu. Lebih dominan ke Friendster karena dulu warnet masih ramai....Ditambah ada aplikasi baru seperti fecebook yang dulu bikin banyak orang pada keppo.🤣🤣🤣


    Kalau Situs Wenru dan Xtgem gue tahunya dari bocah2 Mwb daftar malah bingung ngegunainnya.🤣🤣🤣 Akhirnya dibuatin sama anak Mwb blog Xtgem jadi gue tinggal buat postnya doang.🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kang sat lebih condong suka ke sosmed dibanding ke chat ya, saya di friendster ga ngelakuin apa2 huu cuma senang mengurus desainnya aja 🤣

      Iya huu xtgem, wenru, wapka, memang membingungkan tapi karena saya sering nongkrong disana lama2 akhirnya paham juga 😅

      Delete
  3. asal ada kata ketik ... maka takut yang muncul...
    seperti hantu menakutkan kata "ketik" itu rupa rupanya...
    😁🤣😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak menakutkan karena menyedot pulsa 😅

      Delete
  4. waktu di tanah air, saya cuma tahu Nokia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, cuma dipakai nelpon aja kah pak 😅

      Delete
  5. wih nistalgia banget nih ya, tapi gw dulu ga kenal mf, kalo mig33 dan aplikasi chat jaman dulu oernah make, situs wenru juga oernah voba kayaknya, tapi seinget gw ga tau cara makenya :D

    oiya, gw sulu juga pernah ketipu sms yang ketik reg, dasar nya emang baru pertama punya hape kan, dapet sms masuk, selamat anda dapat pulsa 50k dengan cara ketik ama rek spasi blablabla, ahirnya pulsa gw ludes juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh typo banyak 🤣🤣

      Delete
    2. Iya bro lagi bernostalgia nih, oh jadi pernah pakai mig33 sama wenru juga, mig33 ini paling terkenal dijaman itu, penggunanya banyak 😅

      Sms premium itu sampai skrg masih ada menjebak2 lewat iklan2 😅

      Delete

Post a Comment