Skip to main content

Kumpulan Cerita "Mitos" Semasa Kanak-Kanak



Mitos dapat diartikan sebagai suatu cerita yang diungkapkan dengan cara gaib. Namun apakah yang saya tulis ini termasuk mitos atau bukan? yang jelas beberapa cerita berikut ini sering saya dengar semasa kanak-kanak. Ada yang terdengar lucu dan ada juga yang menakutkan. Saya tidak ingat secara pasti seperti apa cerita lengkapnya jadi mungkin ini tidak sama persis seperti apa yang dengar dahulu hehe.

1. Sesuatu yang tampak seperti orang sedang duduk di bulan katanya adalah seorang Nenek sihir yang akan menangkap dan memakan otak anak kecil.

2. Kunang-kunang merupakan kumpulan kuku orang yang sudah mati yang bila berhasil mencakar orang yang masih hidup maka orang mati dari yang punya kuku tersebut akan hidup kembali.

3. Menginjak atau menduduki bantal maka Ayahnya akan mati sedangkan guling maka dalam salah satu anggota keluarga akan ada yang meninggal.

4. Mengintip orang mandi, pipis atau beol maka matanya akan bintitan. Sepertinya masuk akal, di jaman sekarang mungkin ketiga hal tersebut sudah bertransformasi dalam bentuk video jadi menonton video semacam itu kemungkinan termasuk kategori mengintip dan logikanya saat mengintip frekuensi kedipan mata berkurang jadi bisa saja memicu bintitan (gelembung kecil berisi air biasanya di sekitar kelopak mata dan menimbulkan rasa gatal).

5. Menunjuk pelangi dengan telunjuk maka telunjuk akan auto buntung.

6. Menginjak talam/baqi/tampi akan sering jatuh karena konon katanya kualat kalau menginjak itu.

7. Berkata jorok atau menyebut alat kelamin lelaki maupun wanita maka alat kelamin tersebut akan auto menggantung di bibir.

8. Menepuk perut yang sedang kembung hingga menimbulkan bunyi maka di datangi Nenek sihir dan akan memakan isi perut kita.

9. Menirukan suara burung pungguk maka isi perut kita akan di cakar2 oleh pungguk. Konon katanya burung pungguk sebagai media hantu yang bisa merasuki burung pungguk.

10. Teriak maupun bersiul pada tengah malam maka akan di sahutin oleh setan.

11. Telanjang dalam gelap malam sambil berdiri dan menengok kebawah kearah bawah bokong akan melihat hantu. Teman saya bercerita pernah mencoba ini hasilnya nihil katanya.

12. Makan dengan posisi jongkok auto berak.

13. Nyolong CD perawan di jemuran dan di usapkan kewajah berjerawat maka jerawat auto hilang.

14. Lewat melintas dibawah tali jemuran maka ilmu kebal yang dimiliki akan lenyap. Dengan kata lain katanya orang yang tidak berani lewat di bawah tali jemuran berarti dia memiliki ilmu kebal.

15. Makan kelamin kambing bisa bikin lelaki jadi perkasa di ranjang.

16. Makan kelapa tua yang belum di parut akan cacingan.

Apalagi yah? Hmm.. Semoga terhibur hihi..

Comments

  1. Kalau ada pelangi di sore hari katanya ada bidadari atau Rongdo sedang mandi...Saya lihat ke kali atau sungai cuma ada nenek2 peot..😂😂😂


    Makan anu kambing biar katanya anu....Itu bohong pernah nyoba soalnya..

    Jadi tubuh kita serasa panas dan bergairah doang...Kuat apa nggak nya tergantung pola dan fisik kesehatan kita..😄😄

    Baru naik udah Crooottss sama aja bodong. Biar makan anu kambing berkarung2 juga..😂😂😂😂😂😂😂🏃🏃🏃🏃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaya mungkin cuma Jaka Tarub yg bisa melihat bidadari mandi 😆

      Wow udh pernah nyoba mkn anu kambing ya.. pesing gak 😆

      Delete
  2. Kalo aku dulu pernah dibilangin mitos klo banyak duduk dipintu maka jodoh susah masuk terus jangan memakai celana dalam di kepala katanya bs liat hantu
    Terus klo makan jangan pindah pindah dulu sering makan pagi terutama suka pindah pindah 3 suap pindah 2 suap pindah katanya bakalan punya tempat makan banyak alias banyak istri 😃 disengajain aja banyak makan pindah pindah ternyata......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jadi skrg sdh bnyak kh istrinya gan 😀

      Delete
  3. Kayaknya betul juga, betul mitosnya mksutnya soalnya waktu saya kecil nenek jg sering bilang kayak gitu, tapi sekarang sudah gk percaya , namanya jg mitos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sepertinya di jaman skrg juga masih banyak bermunculan mitos baru. Mgkn ini termasuk 'jangan edit2 posting klo lagi daftar adsense' 😆

      Delete
    2. mungkin mitos foto yang terbaru adalah, "jangan edit2 foto keterlaluan di medsos, nanti klo ketemuan bisa tidak di kenali om,, " :D

      Delete
  4. hahahahaha.. aduh paling ingat tentang kunang-kunang yang dari kuku orang yang meninggal. pernah di tempat tinggalku dulu itu banyak banget kunang-kunang dan sering mati lampu jadi kelihatan jelas banget kalau kunang-kunang beterbangan dan hasilnya saya akan masuk kamar dan selimutan karena takut.

    ReplyDelete
  5. Gue pernah dgr gini: Ketuk-ketuk pintu wktu malem niscaya mengundang mkhluk halus.. emg bener yak? Gue pernah nyoba dan gak muncul tuh :v

    ReplyDelete
  6. Kalau menghalangi pintu masuk bisa auto jomblo abadi katanya, tapi entahlah. Mudah-mudahan cuma mitos belaka.

    ReplyDelete
  7. Tapi orang tua zaman dulu bilang gitu hanya sbg ganti cara penyampaian. Soalnya klo pakai kalimat asli, anak kecil gk paham

    ReplyDelete
  8. dulu saya sangat percaya sama ini.. hahahah

    Pengertian Litografi

    ReplyDelete
  9. eh no.15 bukannya bener yah hehehe

    ReplyDelete

  10. Kalau sering deketin Rongdo ...Berarti mitosnya apa kang Jaey..😂😂😂

    ReplyDelete
  11. Jangan pacaran dulu, nanti jodohnya diambil orang loh waktu kecil :(

    ReplyDelete

Post a Comment