Kode Cara Tambahkan Gadget Pada Tata Letak Di Blogspot

Gadget yang terdapat pada fitur Blogger memiliki banyak fungsi yang berguna buat keperluan Blog kita. Misalnya untuk menambakan iklan pada Blog tanpa harus memasukan kode iklan kedalam Template. Menambahkan formulir kontak, Posting Populer dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari Gadget yang telah disiapkan pihak Blogger. Namun sayangnya posisi penempatannya sudah di tetapkan oleh Template yang kita gunakan. Misal posisinya di atas posting maka tidak bisa di ubah lagi kalaupun harus di ubah hanya bisa diubah posisi keatas dan kebawah saja dan bila ingin menempatkan Gadget di tempat yang kita inginkan tiada pilihan lain selain harus mengedit Templatenya atau memasukan kode yang kita inginkan langsung ke Template melalui fitur Edit HTML pada Tema > Edit HTML yang ada dibawah Template yang anda pilih.

Sebagai contoh Tema Contempo yang saya pakai di Blog ini, pada bagian footernya tidak ada "Tambahkan Gadgetnya" nah itulah yang akan kita bahas di posting ini bagaimana cara membuat kode "Tambahkan Gadget" pada Template yang bisa muncul di Tata Letak dan tampil di Blog. Karena ini sifatnya iseng dan sebagai latihan saja maka silakan masukan kode di bawah ini ke paling bawah dalam template tepat di bagian atas </body></html>.

Ini kodenya atau tag elementnya:
<b:section class='Iseng' id='JaeyZONE' name='IsengAja'>
</b:section>

Keterangan:

id - (Wajib) Harus nama unik, terdiri dari huruf dan angka.

class - (Opsional) Nama-nama class yang ada di Css dan ini akan terlihat di blog jadi pilihlah class yang sesuai agar tampilan blog tidak kacau.

name - Ini akan muncul di Tata Letak sebagai pembeda dengan section yang lain.

Jika berhasil memasang kode tersebut akan muncul link 'Tambahkan Gadget' di 'Tata Letak' paling bawah yang tentunya bisa digunakan menambah Widget apapun misalnya widget Javascript/HTML dan akan muncul dibagian bawah footer Blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Pemilik, Foto Serta Sejarah Berdirinya Google

Situs Tempat Download Video Dewasa 18+

Humor: Gus Miek, Daging Babi dan Santri

Download PicSay Pro Aplikasi Photo Editor Berbayar Secara Gratis

Cara Membuat Wap Di Wapka (Multi Menu)