Cara Mengedit Template Blog Secara Offline dengan Aplikasi Android

Cara mengedit template blog hasil download sesuai selera sendiri agar lebih menarik dan bisa menggunakan aplikasi android atau secara offline alias bukan edit html langsung melalui website.

Ada dua buah aplikasi yang bisa digunakan buat edit template di blogger yaitu app X-plore dan Jota+ keduanya memiliki fungsi yang hampir sama hanya saja kelebihan X-plore memuat layar lebih luas tak ada iklannya dan kekurangannya tidak memiliki fitur selengkap Jota+ dalam hal edit mengedit text.

Namun saya sendiri lebih memilih X-plore karena yang saya butuhkan hanya fitur Search / pencarian kata saat pengeditan dan bisa simpan editan dalam format .xml tanpa harus me-rename ke .txt terlebih dulu seperti halnya Jota+ (Mohon koreksi jika saya keliru).

Jika belum punya, sobat bisa mendapatkan kedua aplikasi tersebut di Play Store.

Langkah-langkah edit template:
1. Cari dan download template dari internet atau penyedianya. Umumnya template berbentuk Zip yang di dalamnya terdapat Xml, dan xml inilah yang akan di edit.
2. Upload file xml-nya ke Blogger dan lihat tampilannya bagian mana yang harus di edit. Biasanya bagian Navigasi Bar harus di edit, seperti di Blog ini contoh NavBarnya ada teks link About, Sitemap, Others, yang bisa diganti sesuai selera.
3. Jika sudah tau apa yang harus di edit misalnya ingin mengganti kata 'About' menjadi 'Tentang'.
4. Maka, buka App X-plore atau Jota+ > buka file xml tadi dengan cara tap titik tiga pojok kanan atas > Selanjutnya search -kata about- dengan cara tap ikon luv di pojok kanan (jika pakai X-plore) dan ketik 'About' dalam kotak teks lalu tap icon panah arah kanan untuk pencarian. Jika sudah ketemu langsung saja edit.
5. Simpan jika sudah selesai dan upload ke Blogspot dengan cara (Masuk ke Blogger > Tema > Backup > Upload).

Langkah2 diatas hanyalah contoh sederhana mengedit 'About' tentunya bisa juga edit kode lainnya dan kelebihan edit template secara offline ini khususnya bagi saya tidak kawatir kalau sewaktu-waktu sinyal mendadak macet kan pasti kesal banget tuh kalau misal mengedit langsung di website sudah mengedit ini dan itu tapi gagal menyimpan, selain itu cara ini juga bikin cepat paham mengenai kode html yang ada di template karena kita bisa melihat kode secara keseluruhan dalam sekali pandangan dan yang terpenting semuanya bisa di lakukan langsung dari Android sebagai alternatif bila tak punya Lepi.

Komentar

  1. Saya masih ngga begitu paham sama template blogspot baru bisa edit warna aja..hihihi

    BalasHapus
  2. Sama mas saya jg cuma bisa edit aboutnya aja

    BalasHapus
  3. Kalau saya menggunakan aplikasi anWritter, kang. Sepertinya sama dengan aplikasi X-plore. Bagian mana yg perlu diedit, kita tinggal klik tombol search.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sip nanti kpn2 ta coba jaga itu kang. Mksh tambahannya 😃

      Hapus
  4. Kalo ane pake ny quick edit nih..
    Kalo X-Plore ane suka pake buat edit2 nama file d gdrive. Coz aplikasi gdrive ga bisa d buka d hp ane. Selalu suruh upgrade layanan gplay. Padahal kan hp ane low end. Kalo d up pasti lelet bin lemoth sekali noh pehong alias ho..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Pemilik, Foto Serta Sejarah Berdirinya Google

Situs Tempat Download Video Dewasa 18+

Humor: Gus Miek, Daging Babi dan Santri

Download PicSay Pro Aplikasi Photo Editor Berbayar Secara Gratis

Cara Membuat Wap Di Wapka (Multi Menu)