Cara Copy Paste dari Keyboard dengan Multi Clipboard Aplikasi ClipKey

Dalam bahasa Indonesia arti dari judul diatas ialah cara salin dan tempel teks dari papan klip melalui papan tombol HP atau dengan kata lain cara mudah copas tulisan bersama Aplikasi ClipKey secara multi -lebih dari satu- klip serta mendukung karakter misalnya spasi, paragraf, kode HTML maupun URL.

Selain model Keyboard, Aplikasi Clipboard juga ada yang model gelembung/icon melayang namun pada post ini kita akan membahas jenis Keyboard saja. Buat sobat yang belum punya atau mau mencoba silakan download Aplikasi "ClipKey" di Play Store size sekitar 1,7 MB dan mendukung Android OS 4.4 hanya saja kekurangan App ini tidak ada fitur edit dan hapus satu persatu dari entri yang sudah tersimpan. Yang ada hanya pilihan "jangan pernah hapus", "hapus entri otomatis setelah (sejam hari minggu bulan)" dan "hapus semua sekaligus" tapi mungkin karena versi gratis kali ya.

Cara penggunaan Aplikasi ClipKey ini sebenarnya sudah ada di app tersebut lengkap dengan pentunjuk gambar dan tempat mencoba/latihan (Try ClipKey Now) jadi disini saya akan menuliskan panduan latihannya saja.

1. Setelah membuka aplikasinya geser kekanan melewati 4 langkah dan langkah ke-5 Tap "Try Clipkey Now" > secara otomatis akan dibawa ke pengaturan papan tombol Samsung dan Centang "ClipKey Clipboard", selesai.

2. Untuk latihan silakan copy teks seperti biasa (Tekan dan tahan pada kata/kalimat atau paragraf yang akan di copy).

3. Selanjutnya coba paste teks tersebut ke kotak teks misalnya kotak teks tempat menulis sms atau kotak komentar di blog atau kotak adress bar url di browser.

4. Aplikasi ini akan otomatis muncul setiap kali kita berada dalam kotak teks dan bisa beralih antara papan tombol bawaan dan papan tombol dari aplikasi ini. Jika saat berada dalam kotak teks tapi papan tombol app ini tidak muncul maka silakan tarik Toolbar untuk memunculkan > Lalu Pilih metode masukan > dan Centang ClipKey Clipboard. Untuk kembali beralih ke papan tombol bawaan silakan Tap "icon keyboard" yang tersedia disana.

5. Untuk menonaktifkan app ini silakan masuk ke Pengaturan > Bahasa dan Masukan > Centang atau pilih Papan tombol Samsung, selesai.

Pada dasarnya di semua hape mungkin sudah tertanam fitur clipboard dan mendukung copy paste dari bawaan lahir pabrik hanya saja tidak bisa multi clipboard jadi dengan bantuan app ini kita bisa menyimpan banyak salinan dan juga bisa mempaste lebih dari satu. Punya aplikasi clipboard andalan? Silakan bagikan di kolom komentar dibawah ini, Tengkyu.

Pada gambar kotak teks Whatsapp dibawah ini terdapat 4 salinan teks dari daftar Clipboard yang saya simpan. Tinggal tap/tekan salah satu diantaranya untuk mempaste ke kotak teks dan tap icon keyboard disisi kanan icon gir/setting untuk beralih ke papan tombol bawaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Pemilik, Foto Serta Sejarah Berdirinya Google

Situs Tempat Download Video Dewasa 18+

Humor: Gus Miek, Daging Babi dan Santri

Download PicSay Pro Aplikasi Photo Editor Berbayar Secara Gratis

Cara Membuat Wap Di Wapka (Multi Menu)