Script Kode Tag Blog Wapka (Bisa Posting Dengan Kode HTML)

Post ini lanjutan dari yang sebelumnya yaitu Cara Membuat Blog Di Wapka Support Posting Menggunakan Kode HTML.

Sebelum memasang script kode tag blog wapka ini anda harus terlebih dulu sudah mengenali keseluruhan menu situs wapka dan terutama menguasai cara membuat halaman baru, memasang kode, menampilkan konten untuk publik atau untuk admin saja, dan lainnya.

Namun akan saya jelaskan sedikit mengenai wapka agar anda tidak bingung. Menu wapka itu seperti labirin yang memiliki banyak pintu yang saling berhubungan antara satu ruang dengan ruang lainnya, semua ruangan terlihat sama yang membedakan hanya nomor ID dibawah halaman. Dimulai dari ID 0 sebagai index dan ID seterusnya. Jadi jika anda membuat halaman baru pertama kali ada kemungkinan itu ID 1, Sedangkan untuk header -1 dan footer -2 sudah tersedia otomatis dengan ID diawali tanda minus atau strip '-'.

1. Silakan mendaftar ke www.wapka.mobi, sebaiknya pilihlah subdomain "wap-ka.com" karena subdomain lainnya sulit diakses dari semua browser kecuali menggunakan domain TLD atau dari ponsel nokia.

2. Di sisi subdomain yang sudah anda buat klik "Manage" dan pada bagian 'Basic Setting' pilih 'Other', lalu conteng keduanya yaitu "Allow fast access to edit functions dan Enable PREMIUM program" lalu Change Settings untuk menyimpan pengaturan. Ini bertujuan untuk menampilkan daftar menu dropdown untuk jalan pintas yang memudahkan pengeditan wap.

3. Masuk ke 'Admin Mode', disinilah halaman index situs anda. Dibagian atas ada dropdown menu atau select box, silakan pilih 'Change title' untuk membuat judul situs dan pilih 'Global settings' lalu pilih 'HEAD tags (meta,style,...)' untuk menambahkan Css.

4. Masih di halaman index pilih 'XHTML/WML code' lalu paste isi dari 'Index.txt' yang ada di dalam berkas ZIP ini, (Download Disini) http://fm.nextwapblog.com/135796

5. Buat halaman baru beri nama 'post' dan paste 'post.txt' disana seperti langkah No-4.

6. Buat lagi halaman baru beri nama 'page' dan paste 'Index.txt' disana seperti langkah No-4 (Kode untuk halaman Page sama saja dengan Index, cara kerjanya adalah jika daftar posting pada Index sudah mencapai 10 post maka halaman selanjutnya di alihkan ke halaman Page).

7. Buat lagi halaman baru beri nama sesuai category yang di inginkan dan paste 'Category.txt' disana seperti langkah No-4. Ulangi cara yang sama untuk membuat nama category lainnya. Sebelumnya edit terlebih dulu 'Category.txt' pada bagian kode ini :: tambahkan nama category disini :/bloglist:

8. Untuk membuat link "Post Baru" atau 'Create new posts' lakukan seperti langkah No-4 hanya saja pilih pengaturan ke sebagai "Logged Member" lalu simpan. Yang artinya akses hanya terlihat oleh Member yang Login saja. Karena tempat membuat post ini sebaiknya rahasia, maka silakan paste kemana saja bisa di index, post, category, atau buat halaman baru yang khusus untuk menyimpan kode "Post Baru" ini.

9. Silakan paste semua kode termasuk css, footer, header ketempatnya masing-masing sesuai nama berkas TXT yang ada di dalam berkas ZIP.

* Jika seandainya anda malas membuat banyak halaman, anda bisa mempaste semua kode pada index saja. Dengan kata lain Daftar Posting, View Posting, Paging, dll, semua bersatu pada halaman utama/index.

* Anda bisa mengedit script ini sesuai selera, seperti mengatur jumlah daftar post, mengatur gaya tanggal-bulan-tahun, menentukan gaya url dan lainnya. Dan khusus untuk kebutuhan Seo silakan edit deskripsi dan keyword pada 'Post.txt'.

* Anda bisa membuat kategori dengan cara mendaftar kesitus anda sendiri, nama pendaftar akan berfungsi sebagai nama kategori.

* Anda tidak bisa memposting sebagai Admin atau pemilik situs, anda hanya bisa memposting atas nama member, jadi anda harus mendaftar kesitus anda sendiri sebagai member.

* Namun sebaliknya, Anda bisa menghapus atau mengedit posting baik sebagai pemilik situs ataupun sebagai member situs anda.

* URL untuk mendaftar kesitus anda:
http://subdomain.wapka.anda/registration_site.xhtml?do_id=0

* URL untuk login kesitus anda:
http://subdomain.wapka.anda/login_site.xhtml?do_id=0

* Soal keamanan, buat jaga-jaga seandainya ada orang jahil ingin ikut-ikutan posting disitus anda, Anda harus merahasiakan halaman tempat membuat posting. do_id=0 adalah login ke halaman ID 0 pada situs anda. Agar menjadi rahasia anda bisa menggantinya menjadi do_id=10 atau do_id=7 dll. Sesuai ID halaman yang telah anda buat sebelumnya. Atau tutup saja halaman pendaftaran agar tidak ada orang jahil mendaftar.

* Namun sebaliknya, mungkin anda ingin membuat posting secara keroyokan dalam satu blog bersama teman-teman atau bahkan mungkin mengijinkan semua pengunjung situs anda untuk mendaftar dan menyumbang posting ke blog anda, silakan terserah anda dengan begitu anda tidak perlu main rahasia-rahasia-an.

* Untuk memposting dengan kategori berbeda-beda berarti Anda harus keluar masuk atau login logout berganti-ganti akun di situs anda. Misal ingin posting ke kategori A maka anda harus login dengan akun A, dan jika ingin posting ke kategori B maka anda harus logout dari akun A dan berganti masuk dengan akun B.

* Jika tidak ingin repot tidak usah membuat kategori, dengan begitu anda juga tidak perlu membuat banyak akun disitus anda sendiri.

* Untuk form pencarian silakan buat Penelusuran Khusus di https://cse.google.com dan tempel kodenya kesitus anda, kelebihannya hasil pencarian langsung tampil disitus anda dan akurat. Hanya saja jika situs anda baru dibuat mungkin butuh waktu lama bagi google untuk menampilkan hasil yang maksimal.

* Untuk membuat kolom komentar sebenarnya ada juga di wapka cuma saya gak tau caranya, wkwkk.. tapi kalau anda mau memasang kolom kementar mungkin ada baiknya pasang saja kolom komentar facebook, atau alat komentar google, disqus atau jenis layanan komentar lainnya yang tersedia di internet (cari di google).

* Contoh yang sudah jadi silakan kunjungi http://lagufa.wap-ka.com mungkin akan sedikit berbeda dengan contoh karena yang saya posting disini sifatnya default yang bisa anda sesuaikan dengan niche blog yang akan anda buat nantinya, apakah niche movie, musik, artikel, software, dll.

Apalagi ya, itu aja dulu semoga paham kalau ada pertanyaan silakan di kolom komentar atau di https://www.facebook.com/jaey.onal Demikian lebih kurangnya mohon maaf terutama maaf link-nya tidak aktif karena keterbatasan perangkat admin, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Sebenarnya asyik kalau punya blog di wapka, tapi mungkin aku butuh waktu yang lumayan lama untuk mempelajarinya
    Ada keinginan juga sih setidaknya sekedar tahu sudah lumayan ya

    BalasHapus
  2. @Maya, iya mbak ada kegembiraan dari sebelum tau menjadi tau, tapi utamanya Wapka ini menjadi sepesial karena memberikan kebebasan pada penggunanya dalam hal materi konten.

    BalasHapus
  3. Bisa jadi pelajaran buat gw yang nggak punya wapka ....tapi otak gw bebal kayanya..

    Bayangkan kalau buat katagori A sampai Z harus keluar masuk..😳😳😳😳 bisa meledak hp kang..😱😱

    Tapi thanks kang Jhay gw pelajari dulu secara bertahap..😃

    BalasHapus
  4. Repot juga yaa! Orang saja bisa posting di blog kita..😳😳 yaa! memang harus pake kode juga nih kalau ogah bahaya.😨



    Menganut sistem rondo juga Wapka yaa kang. Satu lobang bisa rame2..😱😱😳😳😳

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Pemilik, Foto Serta Sejarah Berdirinya Google

Situs Tempat Download Video Dewasa 18+

Humor: Gus Miek, Daging Babi dan Santri

Cara Membuat Wap Di Wapka (Multi Menu)

Cara Mudah Import Banyak File Di Wapka