Kiat Cegah Luka Pada Puting Saat Menyusui

Luka ini tentu menghambat proses menyusui karena sangat 'menyiksa' bagi ibu.
Puting yang nyeri hingga luka jadi keluhan yang sering dilontarkan para ibu di awal-awal menyusui. Hal ini bisa terjadi karena di awal menyusui, kulit masih sangat sensitif dan ibu serta bayi belum bisa mendapat 'posisi' yang tepat dan nyaman saat menyusui.

Ada luka yang hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari. Tapi ada juga yang hingga terbuka, berdarah dan rasa nyerinya tak kunjung hilang. Luka ini tentu menghambat proses menyusui.

Efeknya adalah ibu stres dan membuat ASI sulit keluar. Sebagai langkah pencegahan, lakukanlah hal-hal berikut agar puting bebas dari luka dan nyeri saat menyusui.

- Pastikan bayi menyusui dengan posisi yang. Artinya, bayi bukan hanya mengisap puting, tapi areola masuk ke dalam mulutnya. Cari posisi yang paling nyaman untuk Anda dan bayi. Gunakan bantal menyusui yang bisa meninggikan pangkuan sehingga bayi berada di posisi yang setara dengan payudara. Hindari posisi mencondongkan tubuh karena bisa membuat pegal leher, punggung, dan tangan.

- Menyusui setidaknya setiap 2 atau 3 jam sekali untuk mencegah bayi Anda menghisap terlalu kuat karena saat bayi kelaparan ia akan sangat agresif. Kombinasi ini bisa mengakibatkan terlukanya puting.

- Hati-hati ketika melepaskan mulut bayi dari payudara setelah menyusui. Jika dilakukan secara cepat dan kasar bisa membuat payudara ataupun puting terluka apalagi jika dilakukan terus menerus. Cara melepaskannya adalah letakkan jari pada mulut bayi sehingga Anda bisa menghentikan isapannya. Kemudian Anda bisa meletakkan jaridi sekeliling puting saat
melepaskan payudara dari mulut bayi.

- Pilih dengan cermat pompa ASI karena setiap alat pompa memiliki ukuranyang berbeda. Selain itu pengaturan penghisapan yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan terlukannya puting dan payudara Anda. Untuk pencegahannya, gunakan alat pompa yang pas dengan Anda dan mulailah dari tingkatan yang paling rendah saat menjalankannya.

Gemma Fitri Purbaya, Sumber: Very Well & Dream.co.id

Komentar

  1. Jadi dengan begitu menyusui akan terhindar dari luka, ya, mas?

    BalasHapus
  2. Kebanyakan perempuan memang sering mengeluhkan payudara sakit saat pertama kali menyusui bayinya. Tetapi saat menyusui bapaknya bayi kok nggak pernah mengeluh ya, kang? Hahahaha

    BalasHapus
  3. dengan posisi yang sesuai dan rilek inshaallah punting susu aman

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Pemilik, Foto Serta Sejarah Berdirinya Google

Situs Tempat Download Video Dewasa 18+

Humor: Gus Miek, Daging Babi dan Santri

Cara Membuat Wap Di Wapka (Multi Menu)

Cara Mudah Import Banyak File Di Wapka